Lakukan Hal Berikut agar Bangun Pagi Lebih Semangat

Ilustrasi. (Dok: kompas)Ilustrasi. (Dok: kompas)

TitikNOL - Pernahkah Anda merasa malas sekali untuk beraktivitas ketika bangun pagi? Bukannya langsung mengolet dan beranjak dari kasur, Anda justru menghadap ke langit-langit sambil menghela napas. Bukan karena lelah fisik, melainkan karena bosan dan kewalahan secara mental, bahkan depresi.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, banyak yang mengira bahwa depresi hanya berhubungan dengan masalah pikiran atau sikap yang murung. Faktanya, gejala kelelahan mental bisa lebih dari itu. Parahnya, kondisi tersebut bahkan bisa menghambat penderitanya dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Supaya bangun pagi Anda lebih bermakna dan Anda bisa melanjutkan hidup dengan lebih bahagia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti dilansir Reader’s Digest berikut:

1. Buka berita-berita positif

Terkadang, kehilangan semangat dan apatis bisa disebabkan oleh banyaknya informasi negatif yang membanjiri hari-hari Anda. Baik itu dari media sosial, televisi, hingga obrolan makan siang di kantor, semuanya membahas kejelekan-kejelekan beberapa pihak yang bikin Anda geleng-geleng kepala.

Nah, agar pagi hari Anda diawali dengan hal yang oke, lebih baik tonton atau bacalah berita-berita positif dan lewatkan segala berita yang hanya mengulas sisi negatif saja. Lagi pula, ada sebuah penelitian yang melaporkan, menonton tiga menit berita positif di pagi hari akan memberikan efek optimis selama enam hingga delapan jam kemudian. Lumayan, bukan?

2. Bantulah orang-orang di sekitar

Anda pasti setuju, hidup akan lebih bermakna bila Anda bisa berguna untuk orang lain. Jadi, daripada termenung lama-lama di tempat tidur, lebih baik bantulah pekerjaan ibu Anda di pagi hari. Misalnya saja, menyiapkan sarapan, menyapu halaman, menyapu dalam rumah, hingga membantu kakak Anda untuk mengawasi keponakan yang masih kecil.

Lakukanlah semua itu dengan ikhlas. Dan hasilnya, Anda bisa lebih semangat dalam beraktivitas karena merasa berguna. Seandainya di jalanan atau di kantor ada orang yang memang membutuhkan pertolongan, jangan segan juga untuk membantunya. Asalkan, Anda melakukannya dengan tulus, tidak berlebihan, dan tidak sampai merugikan diri sendiri.

3. Rencanakan untuk “berpetualang”

Daripada merencanakan ingin belanja apa hari ini hanya untuk menghilangkan rasa kesepian (dan malah bikin tabungan jebol), lebih baik rencanakan perjalanan yang menarik dan menantang supaya Anda lebih semangat. Karena ini sifatnya harian, tak mungkin Anda bepergian terlalu jauh secara mendadak. Jadi, mulailah dengan cara sederhana dulu, misalnya mencari jalur alternatif lain saat Anda hendak berangkat ke kantor ataupun pulang ke rumah.

Nikmati pemandangan baru di sepanjang perjalanan. Jika Anda ingin tetap mampir belanja untuk menyenangkan hati, cobalah beli jajanan yang ada di daerah baru tersebut. Tapi ingat, perhatikan kondisi jajanannya, ya. Jangan sampai Anda tergoda dengan jajanan yang kebersihannya tidak terjaga. Bila ada coffee shop baru dan menarik, bisa juga Anda mampir sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dari macetnya jalanan.

4. Beribadah pagi

Saat Anda merasa lesu dan merasa ada yang kosong dari perasaan serta hidup Anda, satu cara terampuh untuk mengatasinya, yakni dengan beribadah. Melakukan ibadah pagi sebelum memulai aktivitas akan membuat pikiran Anda lebih tenang dan lebih bisa berdamai dengan segala keadaan.

Ibadah pagi bisa dilakukan bersama-sama anggota keluarga ataupun sendirian. Bila Anda melakukannya secara tulus dan rutin setiap hari, pasti kekuatan doa bisa membawa perubahan positif yang besar dalam hidup Anda.

5. Hubungi orang terdekat yang banyak kesamaan dengan Anda

Terpisah jauh dari sahabat ataupun pasangan akibat kondisi pekerjaan? Berarti Anda punya alasan kuat untuk menelepon atau melakukan video call dengan mereka setiap pagi!

Agar hari Anda lebih ceria, keluarkan segala celetukan-celetukan yang biasanya Anda lakukan bersama mereka sewaktu masih sekota dan ceritakanlah pengalaman menarik masing-masing. Bila perlu, ceritakan juga unek-unek Anda supaya beban hidup menjadi lebih ringan dan bisa lebih mengontrol emosi saat melanjutkan aktivitas. Jadi, sesampainya di tempat kerja, Anda jadi tidak terlalu sensitif dan lesu lagi, deh!

Berita ini telah tayang di klikdokter.com, dengan judul: Lakukan 5 Hal Ini agar Bangun Pagi Lebih Semangat

Komentar