Manfaat dan Bahaya Ikan Asin Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Dok: Detik)
Ilustrasi. (Dok: Detik)

TitikNOL - Ikan asin (anchovy) termasuk salah satu jenis ikan yang cukup populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya memiliki cita rasa yang unik, ikan asin juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang menyumbang manfaat bagi tubuh.

Kenali lebih jauh tentang kandungan gizi dan manfaat ikan asin, serta tips aman makan ikan asin. Pasalnya, konsumsi berlebihan bisa menimbulkan gangguan kesehatan.
Kandungan gizi ikan asin
Di Indonesia, ikan asin punya berbagai bentuk dan jenis ikannya. Bisa dibilang, ikan asin menjadi salah satu andalan makanan favorit yang dapat menambah nafsu makan.
Ikan asin (anchovy) ternyata kaya akan kandungan omega 3, vitamin, dan mineral. Kandungan gizi dalam ikan asin inilah yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.
Dalam publikasi US Department of Agriculture, dalam 100 gram ikan asin mengandung beberapa kandungan zat gizi berikut ini:

  • Energi: 320 kkal
  • Protein: 70 gr
  • Lemak total: 3 gr
  • Kalsium: 2.200 mg
  • Zat besi: 18 mg
  • Natrium: 560 mg
  • Lemak jenuh: 1,4 gr

Selain itu, ikan asin juga diketahui kaya akan kandungan vitamin B3, vitamin B12, dan mineral selenium yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat ikan asin bagi kesehatan

Berdasarkan kandungan gizi ikan asin tersebutlah yang membuat makanan satu ini punya banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat ikan asin yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Siapa sangka, konsumsi ikan asin bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler. Manfaat ini berasal dari kandungan tinggi omega-3 dan selenium dalam ikan asin.

Omega-3 merupakan asam lemak yang dapat memberikan dampak positif pada sistem kardiovaskuler, seperti tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida, fungsi pembuluh darah, aliran darah, dan peradangan. Hal ini berkontribusi dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sementara itu, kandungan antioksidan dalam mineral selenium dapat menurunkan stres oksidatif dan peradangan sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan otak

Lagi-lagi, karena kandungan omega-3 yang cukup tinggi di dalamnya, ikan asin juga punya manfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Omega-3 adalah jenis asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel otak dan menjalankan fungsinya. Banyak penelitian yang menghubungkan kekurangan omega-3 dengan kejadian demensia, penyakit Alzheimer, dan depresi.

3. Membantu penurunan berat badan

Sebagaimana jenis ikan lain, ikan asin juga termasuk sumber protein yang baik bagi tubuh. Kandungan protein dalam 100 gram ikan asin tergolong cukup tinggi. Inilah yang membuat ikan asin menjadi salah satu alternatif pendukung diet untuk menurunkan berat badan.

Makanan kaya protein diketahui merupakan makanan yang tepat untuk membantu penurunan berat badan. Diet tinggi protein dapat membantu menjaga massa tubuh tanpa lemak dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Melawan kanker

Kandungan omega-3 dan selenium yang tinggi dalam ikan asin, membuat ikan berukuran kecil ini memiliki potensi melawan kanker.

Omega-3 adalah jenis asam lemak yang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Sementara itu, selenium adalah mineral yang memiliki sifat antioksidan. Kedua sifat inilah yang mampu melawan stres oksidatif dan melawan sel kanker, serta menghambat pertumbuhan tumor.

Bahaya makan ikan asin berlebihan

Tidak hanya memberikan manfaat bagi tubuh, konsumsi ikan asin juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan, Anda mungkin sudah mendengar atau membatasi konsumsinya akibat risiko kesehatan yang mungkin muncul.

Kandungan natrium atau sodium yang tinggi dalam ikan asin dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan tekanan darah atau hipertensi
  • Pergelangan kaki bengkak karena hipertensi menyebabkan retensi cairan (penimbunan cairan dalam tubuh)
  • Sesak napas
  • Timbulnya cairan di sekitar jantung dan paru
  • Meningkatkan risiko kanker lambung

Selain itu, beberapa produsen ikan asin terkadang menambahkan bahan kimia dalam proses produksi. Kandungan tersebut juga berkontribusi pada pembentukan sel kanker, seperti kanker nasofaring dan kolorektal.

Jadi, sekalipun manfaat ikan asin bagi kesehatan memang ada, Anda perlu bijak dalam mengonsumsinya. Dengan begitu, bahaya ikan asin bisa terhindari.

Tips aman makan ikan asin

Agar tetap bisa menikmati ikan asin tanpa takut risiko gangguan kesehatan, beberapa tips berikut ini bisa Anda terapkan di rumah:

  • Pastikan Anda mencuci atau membilas ikan asin sebelum diolah. Cara ini bisa menurunkan kandungan natrium di dalamnya dan menghilangkan parasit lainnya.
  • Pastikan Anda mengolah ikan asin dengan matang sempurna untuk menghindari infeksi parasit
  • Konsumsi ikan asin bersamaan dengan sayur-sayuran dan karbohidrat kompleks lainnya untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi tubuh
  • Jangan makan ikan asin berlebihan
  • Jangan menambahkan garam dapur atau bumbu praktis lain dalam olahan ikan asin

Kandungan gizi dalam ikan asin memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan tepat. Konsumsi berlebihan tidak dianjurkan karena bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi.

Pada beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu, makan ikan asin mungkin dilarang.

Berita ini telah tayang di sehatq.com, dengan judul: Manfaat Ikan Asin bagi Kesehatan dan Bahayanya Jika Berlebihan

Komentar