Gempa Tektonik 4,9 Guncang Lebak Selatan, Warga Panik

sejumlah warga berkumpul didepan rumah usai gempa mengguncang. (Foto: TitikNOL)
sejumlah warga berkumpul didepan rumah usai gempa mengguncang. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Gempa Tektonik 4,9 guncang wilayah Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, yang membuat warga panik berlarian keluar, pukul 19.11 WIB, Senin (17/2/2020).

Berdasarkan Parameter Gempabumi yang dikutip dari BMKG Kelas II Tangerang, gempabumi tektonik menujukkan bahwa berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 7,36 LS dan 106,03 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km Barat Daya Lebak, Banten pada kedalaman 10 km.

Giant salah satu warga mengatakan gempa terasa cukup besar membuat seluruh warga didalam rumah berlarian keluar.

"Lumayan besar, makanya warga pada keluar, cuma tidak lama hanya beberapa detik saja," ungkapnya.

Meski demikian, para warga pun tetap kembali ke rumahnya masing-masing. Gempa yang dirasakan mengguncang wilayah Lebak Selatan sebanyak dua kali."Tadi kerasanya dua kali ke daerah gunung mah," lanjutnya.

Hal serupa disampaikan Lani, yang tinggal di kawasan pesisir pantai, Ia mengaku merasakan getaran sebanyak dua kali yang cukup besar.

"Dua kali mas, lumayan besar tapi cuma sebentar, kami pada keluar warga juga sama keluar," ungkapnya.

Lani berharap tidak terjadi apa-apa dan tidak berpotensi tsunami. Pasalnya, gempa besar baru terjadi lagi setelah sekian lama tidak pernah terasa.

"Mudah-mudahan tidak berpotensi tsunami, karena ini baru ada lagi yang kerasa besar," tegasnya.

Berdasarkan data dari BMKG Klas II Tangerang, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Cikotok, Cihara Panyauangan, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, Ciptagelar, Cilograng, Pandeglang, Banjarsari dan Sukabumi. (Gat/TN1)

Komentar