Per 15 Agustus, ASDP Mulai Memberlakukan Sistem Cashless di Pelabuhan Merak

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cababg Merak ,Fahmi Alweni saat menunjukan contoh kartu cashless kepada awak media. (Foto: TitikNOL)General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cababg Merak ,Fahmi Alweni saat menunjukan contoh kartu cashless kepada awak media. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal memberlakukan sistem cashless atau transaksi tanpa menggunakan uang tunai kepada para pengguna jasa penyeberangan. Cashless itu akan mulai diterapkan per 15 Agustus 2018 mendatang.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan, untuk pemberlakuan sistem cashless itu pihaknya bekerjasama dengan beberapa bank diantaranya Bank BTN, BRI, BNI dan Mandiri.

"Insya Allah tanggal 15 Agustus nanti mulai kita berlakukan, akan kita uji coba beberapa hari, " kata Fahmi Alweni saat ditemui di kantornya, Senin (13/8/2018).

Pelayanan dengan sistem cashless ini diklaim akan lebih cepat ."Transaksinya itu berkisar 30 sampai 35 detik, karena ini kan nggak ada uang kembalian juga, makanya lebih cepat, "ungkapnya.

Sistem cashless ini diharapkan bisa mengurangi antrean penumpang maupun kendaraan saat transaksi .

"Karena ini transaksinya lebih cepat, mudah-mudahan bisa mengurangi antren,"harapnya.

Fahmi menambahkan, terkait akan diterapkannya sistem cashless di Pelabuhan Penyeberangan Merak tersebut sudah dilakukan sosialisasi kepada pengurus-pengurus truk.

"Sudah kita sampai kepada pengurus-pengurus truk, mereka menyatakan siap dan mendukung perubahan ini, "ujarnya.

Lebih lanjut Fahmi mengatakan, untuk sementara yang menggunakan sistem cashless itu pada jalur penumpang pejalan kaki, roda dua (sepeda motor) dan kendaraan roda empat.

"Untuk sementara jalur penumpang, kemudian jalur roda dua dan roda empat. Adapun untuk truk sendiri belum, itu selanjutnya,"ungkapnya.

"Kita target secara umum, untuk target 100 persennya itu Insya Allah di lebaran tahun depan, semuanya sudah online tiket maupun cashless, "jelas Fahmi. (Ardi/TN2).

Komentar