Siswa SMP 15 Kota Serang Dibekali Kewaspadaan Saat Terjadi Gempa

Suasana simulasi penanggulangan bencana gempa di SMP 15 Kota Serang. (Foto: TitikNOL)
Suasana simulasi penanggulangan bencana gempa di SMP 15 Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - SMP 15 Kota Serang membekali anak didiknya agar tetap waspada dan selalu siap saat terjadi bencana gempa bumi. Pembekalan tersebut dilakukan dalam simulasi penanggulangan bencana gempa, Kamis (18/10/2018).

Pantauan di lokasi, siswa SMP 15 yang mengikuti simulasi diberi gambaran bahwa di Kota Serang sedang terjadi bencana gempa bumi yang besar. Para pelajar ini pun dituntut selalu siap siaga pada saat gempa datang mendadak.

Dalam proses simulasi, siswa SMP 15 Kota Serang diberi arahan untuk segera keluar kelas dan berkumpul di tengah lapangan. Langkah ini, merupakan prosedur awal bagi siapapun yang sedang menghadapi bencana gempa.

Sementara, bagi siswa yang masih terjebak di dalam ruang kelas, diarahkan agar tetap bersikap tenang sembari berlindung ke bawah meja masing - masing. Begitu gempa sudah mulai mereda, siswa yang berada di dalam kelas ini diharuskan segera ke luar untuk berkumpul di lapangan.

“Ini memang simulasi kita lakukan pertama kalinya untuk memberikan pemahaman dan penanggulangan bencana jika memang terjadi kepada murid - murid,” kata Kepala Sekolah SMP 15 Kota Serang, Agus Maram.

Agus menjelaskan, di tengah bencana gempa, saat ini pihak sekolah memiliki inisiatif untuk memberikan pelajaran kepada para murid untuk selalu siap saat menghadapi situasi tersebut.

Menurut Agus, tujuan simulasi ini pun bentuk pelajaran kepada para murid agar memiliki bekal saat menghadapi bencana gempa.

”Kita ingin memberikan pemahaman kepada para murid, bahwa dalam setiap bencana gempa ada cara dalam menghadapinya. Minimal mereka tahu cara menyelamatkan diri,” jelasnya. (Gat/TN3)

Komentar