9 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Ilustrasi. (Dok: Scoutid)
Ilustrasi. (Dok: Scoutid)

TitikNOL - Bahasa adalah fungsi paling penting dari manusia. Sebuah bahasa memungkinkan kamu untuk mendapatkan hampir apa pun yang kamu inginkan sebagai orang dewasa. Melalui bahasa, kamu juga dimungkinkan untuk memenuhi jatah hiburan melalui literatur, radio, musik, dan film.

Kamu penasaran gak, bahasa apa sih yang paling banyak digunakan oleh manusia di bumi? Berikut ini adalah bahasa yang paling penting dan banyak digunakan saat ini. Check it out!

1. Bahasa Mandarin

'Ni hao' dapat diartikan sebagai 'Halo'. Konon, bahasa Mandarin paling banyak digunakan saat ini. Lebih dari 1 miliyar orang dapat berbahasa Mandarin. Namun, jangan salah! Berbahasa Mandarin tidak semudah yang dibayangkan. Karena setiap kata dapat diucapkan dalam empat cara atau nada dan pemula akan selalu mengalami kesulitan membedakan satu nada dari yang lain. Be tough ya!

2. Bahasa Inggris

Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan masyarakat industri saat ini dituntut untuk mahir dalam bahasa Inggris. Kebutuhan ini digunakan ketika bertemu dengan rekan kerja dari negara lain, dan bahasa Inggris sebagai bahasa yang umum untuk berkomunikasi antar orang asing. Wajib buat kamu mahir, guys!

3. Bahasa Hindustan

Hindustan adalah bahasa utama penduduk India dan meliputi sejumlah dialek. Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Hindi kecil, ada cara yang sangat mudah yakni menyewa film India.

4. Bahasa Spanyol

'Hola', bahasa Spanyol untuk mengucapkan salam. Bahasa Spanyol digunakan di hampir setiap negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah, belum lagi Spanyol, Kuba, dan Amerika Serikat. Konon, terdapat kepentingan tertentu dalam bahasa Spanyol sehingga banyak digunakan di Amerika Serikat.

5. Bahasa Rusia

Untuk memberi salam menggunakan bahasa Rusia cukup rumit, 'Zdravstvuite' (ZDRAST-vet-yah). Bahasa Rusia diucapkan tidak hanya di Rusia, tetapi juga di negara lainnya, seperti Belarus, Kazakhstan, dan Amerika Serikat.

6. Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia, digunakan di Timur Tengah, dengan pembicara yang ditemukan di negara-negara seperti Arab Saudi, Kuwait, Irak, Suriah, Yordania, Lebanon, dan Mesir. Karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran, jutaan umat Islam di negara-negara lain berbahasa Arab juga.

7. Bahasa Benggala

Bahasa ini digunakan oleh masyarakat penduduk Bangladesh. Bangladesh adalah sebuah negara dari 120 juta orang, hampir semua orang berbicara bahasa Benggala. Karena Bangladesh hampir dikelilingi oleh India, jumlah penutur Benggala di dunia jauh lebih tinggi dari orang bayangkan.

8. Bahasa Portugis

'Bom dia' (bohn DEE-ah) yang artinya halo atau untuk memberi salam. Pada abad ke-12, Portugal memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol dan diperluas di seluruh dunia. Bahasa Portugis akhirnya ditetapkan di seluruh dunia, terutama di Brasil, Macau, Angola, Venezuela, dan Mozambik.

9. Bahasa Melayu-Indonesia

Indonesia adalah negara yang terdiri dari lebih dari 13.000 pulau dan masuk dalam urutan keenam negara terpadat di dunia. Bahasa negara Malaysia dan Indonesia hampir sama, hanya dialek yang sedikit berbeda.

Ternyata, bahasa Indonesia juga masuk dalam salah satu bahasa yang paling banyak digunakan. Berbanggalah!

Berita ini telah tayang di idntimes.com, dengan judul: 9 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan Manusia di Dunia

Komentar