Cara Merawat Kesehatan Mulut Rekomendasi dari Dokter Gigi

Ilustrasi merawat kesehatan mulut. (Dok:net)Ilustrasi merawat kesehatan mulut. (Dok:net)

TitikNOL - Mulut adalah organ pencernaan manusia yang pertama kali mengolah makanan melalui gigi dan lidah menjadi bentuk yang lebih kecil sehingga dapat dicerna dengan lebih mudah pada bagian selanjutnya. Gigi adalah alat menghancur makanan yang sangat vital dalam proses pencernaan.

Tanpa adanya gigi, maka proses penghancuran dan pencernaan makanan akan lebih sulit karena makanan yang masuk tidak dihancurkan oleh gigi. Pada gigi juga merupakan organ yang sangat rawan terkena masalah karena pada gigi inilah masuk berbagi jenis makanan baik itu makanan keras maupun makanan yang lembut. Pada gigi juga sering terdapat sisa-sisa makanan yang berada di sela-sela gigi. Karena gigi sangat rawan terkena berbagai masalah serius, maka kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Melakukan perawatan pada mulut dan gigi sebaiknya dilakukan secara rutin dan disarankan untuk mengikuti petunjuk dan rekomendasi para dokter gigi. Berikut ini terdapat beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi yang direkomendasi oleh dokter gigi yang bisa anda ikuti.

Cara Merawat Kesehatan Mulut dengan Baik dan Benar

1. Tips pertama dapat dilihat dari cara anda dalam menggosok gigi

Pada saat anda menggosok gigi, gerakan apakah yang anda lakukan? Apakah gerakan naik turun atau kanan kiri? Gerakan tersebut termasuk gerakan dalam menyikat gigi yang tidak disarankan oleh dokter gigi.

Gerakan naik turun akan membuat gusi gigi menjadi lebih cepat terkikis sedangkan gerakan ke kanan dan kiri pada saat menggosok gigi akan menyebabkan sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi tidak tersikat secara sempurna.Lalu gerakan apa yang disarankan oleh dokter gigi dalam melakukan gosok gigi? Gerakan yang sangat disarankan adalah gerakan memutar.

Gosoklah gigi anda secara memutar sehingga kebersihan gigi akan lebih maksimal. Selain menggosok secara memutar, usahakan untuk menggosok bagian gigi secara merata dengan durasi waktu yang tidak terlalu cepat. Agar kebersihan gigi lebih maksimal, gosoklah gigi sampai gigi yang paling belakang / terdalam karena biasanya bagian gigi yang terdalam mempunyai sisa makanan / kuman yang paling banyak dibandingkan dengan gigi bagian yang lain.

2. Tips berikutnya yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah dengan tidak terlalu lama mengunyah permen karet

Pada saat kita mengunyah permen karet, tentu gigi-gigi kita akan saling bertabrakan satu sama lain dan lama kelamaan hal tersebut dapat merusak gigi. Untuk itu, janganlah terlalu lama mengunyah permen karet agar kesehatan gigi anda dapat terjaga.

Anda boleh mengunyah permen karet sampai rasa permen karet tersebut hilang. Namun setelah hilang, sebaiknya langsung buang saja permen karet tersebut untuk menghindari gigi anda terlalu lama bertabrakan.

3. Usahakan untuk terlebih dahulu menyikat gigi sebelum melakukan sarapan

Kebanyakan orang baru akan menyikat gigi mereka setelah selesai melakukan sarapan. Hal ini justru kebalik, sebaiknya gosoklah gigi anda terlebih dahulu sebelum sarapan agar anda tidak kembali menggosok gigi setelah sarapan. Menggosok gigi setelah sarapan bisa mengakibatkan email gigi menjadi rusak karena biasanya terdapat kandungan asam pada makanan yang anda konsumsi, seperti jus.

4. Terakhir, jangan melupakan untuk menyikat lidah anda.

Pada saat menggosok gigi, kita sering lupa untuk menggosok lidah. Padahal, lidah juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Lidah yang tidak digosok akan menyebabkan nafas menjadi kurang sedap. Anda bisa menggunakan sikat gigi khusus untuk menggosok lidah anda agar lebih bersih.

Itulah beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi yang disarankan oleh dokter gigi. Dengan menjalankan tips tersebut, maka mulut dan gigi kita akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit gigi.

 

 

 

 

 

Sumber: www.setetes.info

Komentar