Tips Tingkatkan Kualitas Tidur di Seiring Bertambahnya Usia

Ilustrasi tidur. (Dok:net)Ilustrasi tidur. (Dok:net)

TitikNOL - Seiring bertambah tuanya kita, waktu dan pola tidur kita cenderung berubah. Tidur berkualitas selama tujuh sampai delapan jam di malam hari tampaknya tidak mungkin. Padahal tidur berkualitas baik untuk kesehatan fisik dan emosi kita.

Lalu apa yang perlu Anda lakukan untuk dapat meningkatkan kualitas tidur seiring penuaan berlanjut? Berikut beberapa tipsnya, seperti dilansir dari Zeenews, Rabu (11/5/2016).

Merutinkan waktu tidur

Pertahankan jadwal tidur yang konsisten, pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Selain itu, hindari begadang karena hal ini dapat menghambat jam alami tubuh dan menurunkan kualitas tidur selanjutnya.

Atasi masalah yang mengganggu tidur

Masalah emosional seperti stres, kecemasan, dan depresi dapat menyebabkan insomnia, kebiasaan tidur yang buruk, termasuk lingkungan tidur dan kebiasaan siang hari yang buruk dapat menjadi penyebab utama. Atasi masalah-masalah seperti itu untuk menjaga kualitas tidur.

Hindari tidur siang kalau mengganggu tidur malam

Tidur di siang hari bagi beberapa orang dapat menyebabkan Anda bangun pada malam hari. Jika tidur siang diperlukan, batasi tidur siang Anda 15 sampai 20 menit di sore hari.

Lakukan gaya hidup sehat

Latih diri untuk melakukan gaya hidup sehat seperti makan makanan yang tepat, berolahraga dan mengetahui bagaimana mengelola stres. Ini akan dapat membantu mencegah masalah tidur.

Makan banyak sayuran, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan hindari makanan manis dan diproses. Hindari kafein di malam hari karena akan bertahan di dalam tubuh hingga 12 jam. Jangan minum alkohol setelah makan malam karena dapat mengganggu kualitas tidur.

Berolahraga secara teratur, tapi pastikan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Selama berolahraga, endorfin akan dirilis di dalam tubuh sehingga akan membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, depresi, serta kecemasan.

Cari pertolongan medis

Jika Anda masih mengalami kesulitan tidur setelah mencoba tips di atas, cari bantuan dari seorang dokter atau spesialis tidur. Bisa jadi gangguan tidur Anda disebabkan masalah kesehatan lainnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.okezone.com

Komentar