EFL Cup: Manchester City Singkirkan Leicester City Lewat Adu Penalti

Para pemain Manchester City merayakan kemenangan usai mengalahkan Leicester City melalui adu penalti dengan skor 4-3. (Dok: bbc)
Para pemain Manchester City merayakan kemenangan usai mengalahkan Leicester City melalui adu penalti dengan skor 4-3. (Dok: bbc)

TitikNOL - Manchester City berhasil menyingkirkan Leicester City dari ajang EFL Cup melalui kemenangan adu penalti 3-4 pada Rabu dinihari WIB di King Power Stadium, meski hanya menurunkan skuad kelas dua-nya.

Pep Guardiola melakukan banyak rotasi saat Manchester City tandang ke King Power untuk menghadapi Leicester City pada laga perempat final EFL Cup pada Rabu dinihari WIB.

Hanya Eliaquim Mangala dan Ilkay Gundogan yang tersisa dari starting XI yang menang 4-1 atas Tottenham Hotspur di Liga Inggris, Sabtu lalu.

Claudio Bravo, Danilo, Tosin Adarabioyo, Oleksandr Zinchenko, Phil Foden, Yaya Toure, Brahim Diaz, Bernando Silva dan Gabriel Jesus semuanya menjadi starter.

Pemain yang keluar dari starting XI adalah Ederson, Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Fabian Delph, Kevin de Bruyne, Fernandinho, Raheem Sterling, Sergio Aguero dan Leroy Sane.

Demikian juga di kubu tuan rumah, Claude Puel telah memilih untuk mengganti timnya, dengan tujuh starter berbeda. Ben Hamer, Daniel Amartey, Aleksandar Dragovic, Christian Fuchs, Andy King, Shinji Okazaki dan mantan striker Man City Kelechi Iheanacho masuk ke starting XI.

Sementara itu, kiper Kasper Schmeichel, Danny Simpson, Wes Morgan, Wilfred Ndidi, Riyad Mahrez, Demarai Gray dan Jamie Vardy absen.

Gol satu-satunya dicetak oleh Bernardo Silva pada menit 26 babak pertama. Gol ini berawal dari serangan yang dilakukan oleh Ilkay Gundogan. Sendirian ia membawa bola memasuki kotak penalti sebelum mengirimkannya ke sisi kanan, di mana Silva berdiri bebas tanpa penjagaan. Mantan pemain AS Monaco itu melepaskan tembakan melalui kolong kiper Ben Hamer dan GOL! 0-1!

Selain gol itu, di awal babak pertama sebenarnya sang pemain Jerman sudah cukup berbahaya. Pada menit 15 ia melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti, menyambar satu bola rebound tapi dihadang para pemain lawan dan gagal.

Menit 34 mantan penyerang The Citizens, Kelechi Iheanacho mencoba melepaskan tembakan ke sudut gawang tapi kiper Claudio Bravo lebih cepat dan berhasil menghentikan bola dari merobek gawangnya.

Babak kedua jauh lebih sepi dari usaha-usaha serangan. Dominasi bola hampir sama bagi kedua kubu. Manchester City sedikit lebih unggul dengan 58%.

Bencana terjadi di masa injury time!! Satu pelanggaran oleh Danilo membuat wasit menghadiahkan penalti kepada Leicester City. Peluang emas! Dan benar saja Jamie Vardy mencetak gol dari titik penalti pada menit ketujuh injury time. GOL! 1-1! Dan laga pun terpaksa dilanjutkan dengan waktu tambahan.

Di masa injury time pemain Leicester Harry Maguire yang memperoleh crossing dan menembak ke gawang lawan tapi terlalu melebar. Yaya Toure mengeksekusi tendangan bebas, on target sih, tapi berhasil ditahan kiper Ben Hamer. Kita menantikan 15 menit kedua babak tambahan. Jika masih 1-1 juga maka adu penalti.

Menjelang akhir babak tambahan, Oleksandr Zinchenko (Manchester City) memperoleh peluang emas, namun bola yang ditendangnya masih melayang sedikit di atas mistar gawang lawan. Berlalu lagi satu kesempatan.

ADU PENALTI!! Jamie Vardy dan Riyad Mahrez gagal melesakkan bola, sementara Gundogan, Toure, Lukas Nmecha, dan Gabriel Jesus sukses sehingga memberi kemenangan bagi Man City saat adu penalti dengan skor 3-4.

Setelah adu penalti, wasit akhirnya meniup peluit panjang. Hasil Leicester City vs Manchester City ditutup dengan skor akhir 1-1 (adu penalti 3-4).

Susunan pemain Leicester City vs Manchester City:

Leicester City: Hamer; Amartey, Dragovic, Maguire, Fuchs; Albrighton, King, Iborra, Chilwell; Okazaki, Iheanacho.

Cadangan: Jakupovic, Simpson, Benalouane, Gray, Mahrez, Vardy, Ulloa.

Manchester City: Bravo; Danilo, Adarabioyo, Mangala, Foden; Gundogan, Toure, Zinchenko; Silva, Jesus, Diaz.

Cadangan: Ederson, Walker, Delph, Sane, Nmecha, Duhaney, Dele-Bashiru.

Berita ini telah tayang di gilabola.com, Rabu 20 Desember 2017 dengan judul Hasil EFL Cup, Leicester City vs Manchester City 20/12/2017

Komentar