Silverstone Resmi Perpanjang Kontrak MotoGP

MotoGP. (Dok: Tribunnews)MotoGP. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - Silverstone telah resmi memperpanjang kontrak berdurasi satu tahun MotoGP, menyusul pengumuman bahwa sirkuit akan diaspal ulang lagi.

Balap motor kejuaraan dunia Grand Prix bakal tetap masuk kalender setidaknya hingga musim 2021. Namun, gelaran 2018 masih meninggalkan jejak ingatan yang jelas, terutama soal dibatalkannya MotoGP Inggris.

Buntut dari masalah tersebut, Silverstone menuai kritikan keras dalam hal kegagalan sistem drainase, di mana permukaan lintasan dinilai tidak dapat menampung tumpahan air hujan deras serta menimbulkan genangan.

Tak ingin kehilangan slot tuan rumah MotoGP, dan juga demi mempertahankan lisensi FIM Grade A, pihak penyelenggara lalu bergegas cepat melakukan pengaspalan ulang.

Berbeda dengan proses aspal ulang yang sebelumnya dilakukan Aggregate Industries. Pengerjaan kali ini telah didelegasikan ke perusahaan solusi konstruksi Tarmac. Rencananya akan dilakukan pada Juni.

“Sampai di titik ini, sudah melibatkan banyak pekerjaan oleh staf di Silverstone. Tetapi sepanjang itu, kami telah sepenuhnya fokus untuk memastikan membuat keputusan yang tepat demi menjamin masa depan kami yang paling penting, yaitu Formula 1 dan MotoGP,” tutur Managing Director, Stuart Pringle.

“Kami memiliki perusahaan terkenal di dunia yang mengerjakan aspal permukaan trek dan kami memiliki salah satu perancang sirkuit yang paling disegani, Jarno Zaffelli [desainer trek yang bertanggung jawab atas aspal ulang Sepang 2016], bekerja sebagai penasihat ahli untuk Silverstone.

“Perpanjangan kontrak MotoGP adalah berita bagus bagi kami semua di Silverstone dan memungkinkan kami untuk merencanakan jangka panjang pengembangan MotoGP di masa depan, dan semua balap roda dua, di sirkuit kami. Kami menantikan untuk menjadikan akhir pekan MotoGP sebagai event balap motor terbaik dalam kalender olahraga Inggris.”

Silverstone menggelar MotoGP Inggris sejak 2010, menggantikan Donington Park. Sempar muncul kabar, posisinya bakal digusur Circuit of Wales. Namun, penandatanganan kontrak untuk 2015 sampai 2019 kerap menemui penundaan, sebelum akhirnya rencana pendanaan ditolak pemerintah.

“Perpanjangan kontrak di Silverstone merupakan tanda kepercayaan yang kami miliki di sirkuit untuk menjadi tuan rumah MotoGP yang sukses selama tiga tahun ke depan," ucap CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

“Silverstone adalah salah satu yang paling bersejarah dari semua venue MotoGP dan kami telah bekerja sama dengan Silverstone untuk memastikan balapan memiliki masa depan yang sukses. Kami akan membantu setiap perubahan yang perlu dilakukan terkait permukaan trek setelah kejadian MotoGP 2018."

Berita ini telah tayang di id.motorsport.com, dengan judul: Silverstone amankan perpanjangan kontrak MotoGP

Komentar