Ingin Dimanjakan saat Naik Kapal di Pelabuhan Merak, Naiklah KMP Dharma Rucitra 1

KMP Dharma Rucitra 1 . (Dok-Antarafoto).KMP Dharma Rucitra 1 . (Dok-Antarafoto).

MERAK,TitikNOL - Arus mudik Lebaran 2018 sudah di depan mata. Bagi para pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera maupun sebaliknya tidak harus repot memilih kapal yang akan ditumpangi. Pasalnya, kapal-kapal penumpang jenis roll on roll off (Ro-Ro) yang beroperasi di Penyeberangan Merak-Bakauheni semuanya sudah dilakukan ramp check oleh pihak Kementerian Perhubungan untuk memastikan kelaikan kapal.

Selain melakukan ramp check, perusahaan pelayaran juga dituntut meningkatkan pelayanan demi kenyamanan para penumpang. Menyediakan fasilitas tambahan menjadi sebuah keharusan perusahaan pelayaran untuk memanjakan penumpang kapal yang akan berlayar di Selat Sunda.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Rucitra 1 salah satunya. Kapal milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang merupakan kapal buatan Jepang pada tahun 1990 itu memberikan pelayanan lebih kepada penumpangnya. Berbagai fasilitas bisa dinikmati oleh para penumpang secara cuma-cuma alias gratis.

Manager Cabang PT DLU Merak Sunaryo mengatakan, keselamatan dan kenyamanan penumpang menjadi keharusan dan diutamakan pihaknya. Kata dia, penumpang itu bagaikan sang raja yang harus dilayani dengan baik.

Sunaryo mengungkapkan, untuk di KMP Dharma Rucitra 1 pihaknya juga memberikan berbagai fasilitas gratis, di antaranya ruangan ekonomi yang ber-AC, pijat gratis hingga pusat permainan anak-anak.

"Untuk fasilitas yang pertama ruangan ekonomi yang ber-AC, kedua panggung hiburan yang artis-artisnya sengaja kita bayar dengan harapan dia (artis) tidak tidak lagi meminta saweran atau tambahan kepada penumpang. Terus fasilitas lainnya juga ada eskalator, jadi penumpang dari kardek ke ruang penumpang itu sudah naik eskalator," jelas Sunaryo, di Pelabuhan Merak, Senin (21/5/2018).

Tidak hanya itu lanjut Sunaryo, pihaknya juga menyediakan ruang penumpang yang berkebutuhan khusus dan ruang ibu menyusui.

"Kita ada ruang penumpang yang berkebutuhan khusus, terus ruangan untuk ibu menyusui, kemudian kita juga menyediakan tukang pijat gratis selama 20 menit bagi sopir-sopir kendaraan truk maupun bis. Kenapa itu saya berikan karena kita tidak memikirkan hanya pada orang itu di atas kapal, tapi kita memikirkan setelah mereka turun dari kapal. Misalnya, perjalanan mereka dari Lampung menuju Jakarta, nah saat di atas kapal kan mereka capek makanya kita berikan fasilitas pijat gratis ,sehingga saat mereka turun dari kapal untuk melanjutkan perjalanan kondisi mereka itu sudah dalam keadaan bugar atau fit. Insya Allah mereka bisa selamat sampai tujuan," ungkapnya.

"Terus kita juga menyiapkan ruang medis plus petugas medis serta obat-obatan, ruang ibu menyusui, arena permainan anak-anak dan fasilitas-fasilitas lainnya, itu semuanya gratis. Kita juga menyediakan kamar-kamar class 1 dan 2. Nah kalau untuk kamar-kamar class ini sengaja sedikit kami bisniskan karena memang di situ ada fasilitas lebih," lanjut Sunaryo menjelaskan.

Selain fasilitas sambung Sunaryo, ia juga selalu menekankan kepada pramugari yang ada di kapal agar memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang.

"Kita juga ada yang namanya layanan pramugari, yang pramugari itu memang betul-betu vital jadi seorang pramugari, jadi pelayanan yang baik kepada penguna jasa yang naik ke kami, maaf bukan menyudutkan pramugari yang lain, bukan menjual tiket class, karena kami tidak seperti itu," katanya.

"Intinya fasilitas-fasilitas ini sengaja kita berikan semata-mata untuk kenyamanan penumpang," ujarnya.

Mungkin bagi anda yang penasaran dan ingin mudik Lebaran melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak, tidak ada salahnya anda mencoba menunpangi KMP Dharma Rucitra 1 ini. Di kapal ini anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang bisa memanjakan perjalanan anda saat berlayar di Selat Sunda. (Ardi/TN1).

Komentar