5 Rekomendasi Kuliner Unik India yang Memiliki Rasa Khas untuk Akhir Pekan

Ilustrasi Samosa. (Dok: thedesidiaries)
Ilustrasi Samosa. (Dok: thedesidiaries)

TitikNOL - Selain hiburan drama India atau yang dikenal dengan bollywood, makanan India juga menjadi salah satu menu makanan yang cukup diminati oleh orang Indonesia.

Makanan India memiliki ciri khas rasa yang unik dan tajam dengan bumbu rempah–rempah. Untuk Anda yang ingin wisata kuliner di akhir pekan, mencoba beragam makanan India bisa menjadi pilihan tepat.

Berikut 5 menu makanan India yang direkomendasikan oleh BigDish, di akhir pekan.

Samosa

Camilan khas India ini cocok dengan lidah sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa samosa adalah pastelnya orang India. Bedanya, pastel berbentuk setengah lingkaran, sedangkan samosa berbentuk segitiga. Samosa menawarakan cita rasa gurih dan renyah. Saat ini sudah banyak yang memodifikasi samosa dengan berisikan toping manis seperti cokelat dan susu.

Nasi Briyani

Makanan ini merupakan salah satu makanan India yang terkenal hampir di seluruh dunia. Nasi Briyani merupakan salah satu makanan rumahan yang dimasak dengan rempah-rempah India dan dikombinasikan dengan berbagai macam sayuran atau daging. Memiliki ciri khas berbeda dari nasi bisa, nasi biryani berbentuk lebih panjang dan sedikit kering dibandingkan dengan nasi lainnya.

Butter Chicken

Murgh Makhani atau yang dikenal dengan butter chicken, merupakan makanan yang bisa Anda temui di hampir setiap restoran India. Makanan ini mirip dengan kare Jepang, namun bedanya ditambahkan yogurt sebagai penambah rasa

Naan

Berbahan dasar tepung ragi, Naan adalah panganan berbentuk roti. Terbuat dari ragi dan berbentuk pipih, permukaan Naan biasanya ditaburi wijen atau jintan hitam dan dibumbui beragam bawang hingga rempah–rempah. Di India, biasanya Naan disajikan saat makan malam dan sebagai pengganti nasi. Naan juga merupakan makanan pelengkap dari Butter Chicken.

Gulab Jamun

Gulab jamun merupakan makanan penutup yang sudah terkenal di negara negara lain, seperti Nepal, Bangladesh dan Pakistan. Makanan ini hampir ada di negara–negara penyuka kuliner manis. Bahkan, di negara seperti Karibia dan Jamaika terdapat juga Gulab Jamun. Berbentuk bulat seperti bola dengan ukuran kecil-kecil, gulab jamun terbuat dari biskuit, susu bubuk, susu cair, dan mentega. Adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat dan digoreng matang ini kemudian direndam dalam sirup air mawar, selama beberapa jam atau seharian. Setelah sirupnya menyerap, gulab jamun siap untuk disantap.

Kelima menu ini bisa Anda dapatkan di restoran restoran India di Jakarta. Seperti The Royal Kitchen yang berada di Belagio Mall, Mega Kuningan, Jakarta. Kemudian Ganesha Ek Sanskriti, berada di BRI Building II, Sudirman. D’Bollywood di Plaza Festival, Kuningan, Jakarta dan beberapa restoran India lainnya.

Berita ini telah tayang di liputan6.com, Selasa 24 Oktober 2017 dengan judul Jelajah Kuliner India yang Seru dan Unik di Akhir Pekan

Komentar