6 Manfaat Membersihkan Lidah saat Menggosok Gigi

Ilustrasi (Dok: Medcom)
Ilustrasi (Dok: Medcom)

TitikNOL- Umumnya, orang sikat gigi sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Tapi sayangnya, tak banyak orang yang memperhatikan kebersihan lidahnya.

Padahal, menjaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi saja tidak cukup. Anda juga harus menggunakan pengikis lidah untuk membersihkannya secara teratur.

Sebenarnya, alat khusus membersihkan lidah sudah ada sejak lama. Tapi, banyak orang tidak membersihkan lidah secara rutin untuk menghilangkan racun di mulut dan tubuh.

Para ahli di Brushd dilansir dari Express, mengatakan menggosok atau membersihkan permukaan lidah secara rutin bisa membantu menyingkirkan bakteri, sisa makanan, racun dan sel-sel mati.

Kebiasaan ini tidak hanya membantu membersihkan lidah dan mulut saja, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti:

1. Menjaga mulut lebih bersih

Mulut Anda penuh dengan jutaan bakteri dan tidak semuanya merupakan bakteri baik. Alat pembersih lidah akan membantu Anda menyingkirkan bakteri ini, sisa makanan dan menjaga kesehatan mulut. Selain itu, rutinitas ini akan membantu meningkatkan kebersihan mulut.

2. Napas lebih segar

Sekitar 50 persen kasus halitosis disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang tertinggal di lidah. Sehingga, membersihkan lidah secara rutin bisa membantu mengatasi bau mulut.

Membersihkan bakteri lidah, sisa makanan dan partikel jahat lainnya bisa membantu mengatasi masalah pernapasan yang berkelanjutan.

Hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi perokok, orang yang mengalami mulut kering, infeksi jamur, memiliki kebersihan mulut yang buruk dan mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan bau mulut.

Para ahli di Brushd mengatakan membersihkan bakteri yang tertinggal di lidah adalah cara paling jitu mengatasi bau mulut. Tapi, Anda harus menggunakan alat khusus untuk membersihkan lidah, bukan menggunakan sikat gigi.

Karena, memakai sikat gigi untuk membersihkan lidah hanya akan memindahkan bakteri di sekitar mulut dan tidak benar-benar membersihkannya.

3. Mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi

Membersihkan bakteri berbahaya di lidah bisa mencegah gigi berlubang, penyakit gusi, kerusakan gigi dan kondisi mulut lainnya. Namun, langkah ini saja tidak cukup untuk mengganti rutinitas perawatan gigi yang buruk.

Anda juga perlu menggunakan pasta gigi dan obat kumur berfluoride, menyikat gigi dan gusi dua kali sehari, dan menyikatnya setidaknya selama dua menit.

Selain itu, minum air dalam jumlah cukup juga akan membantu mengurangi mulut kering dan Anda juga harus menghindari merokok.

4. Meningkatkan indra perasa

Membersihkan lidah bisa membantu kelenjar ludah. Kelenjar ludah yang diaktifkan meningkatkan pencernaan dan kemampuan kita untuk merasakan makanan.

5. Meningkatkan kesehatan usus

Indra pengecap yang aktif sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Karena itu, membersihkan lidah secara rutin bisa meningkatkan kemampuan indra pengecap berfungsi lebih baik.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan

Menurut para ahli, lidah merupakan titik awal menuju tubuh yang sehat. Jadi, membersihkan lidah bisa membantu mencegah halitosis, infeksi, dan membantu sakit tenggorokan, infeksi sinus dan hidung tersumbat, serta menghilangkan lendir untuk membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berita ini telah tayang di suara.com dengan judul: Jangan Lupa Bersihkan Lidah Saat Sikat Gigi, Ini 6 manfaatnya!

Komentar