Pertama di Dunia, Alat Ini Mudahkan Orang Menggosok Gigi Secara Otomatis

Amabrush, sikat gigi otomatis yang memudahkan orang menggosok gigi. (Dok: newatlas)
Amabrush, sikat gigi otomatis yang memudahkan orang menggosok gigi. (Dok: newatlas)

TitikNOL - Kemajuan teknologi terus membantu kehidupan banyak orang, salah satunya dari dunia kebersihan gigi dan mulut. Baru-baru ini muncul sebuah sikat gigi otomatis yang memudahkan orang menggosok gigi.

Tanpa perlu menggerakkan tangan dan menyikat gigi seperti yang biasa dilakukan, sikat gigi otomatis bernama Amabrush ini mampu membuat gigi bersih hanya dalam 10 detik, seperti dilansir dari Oddity Central.

Mungkin selama ini Anda tidak sadar telah menghabiskan banyak waktu saat menggosok gigi. Waktu banyak terbuang, tapi hasilnya pun tidak begitu maksimal.

Sebuah tim dari teknik biotek dan perawatan gigi ingin membuat perubahan dengan bantuan teknologi. Amabrush lebih nampak seperti karet pelindung mulut daripada sikat gigi.

Ia mampu membersihkan gigi dengan getaran yang dihasilkan sebuah motor kecil. Getaran inilah yang menggantikan fungsi gerakan tangan.

Ada dua komponen utama Amabrush, yakni corong lembut yang masuk ke dalam mulut dan sebuah gagang yang berisi motor serta pompa mini. Corong terbuat dari silikon anti bakteri yang mampu membersihkan bakteri dengan sendirinya.

Ada pula bagian mirip pelindung mulut yang fleksibel dan secara otomatis mengeluarkan pasta gigi melalui saluran-saluran mikro. Gigi dapat bersih sekaligus berkat adanya buku-buku halus yang memanjang sesuai dengan area gigi.

Cara penggunaannya pun mudah. Anda cukup menekan tombol pada gagang dan tunggu 10 detik. Setelah itu, kumur seperti biasa.

Jika menginginkan sikat gigi ini, Anda harus bersabar, karena baru tersedia bulan Desember mendatang. Amabrush akan dibanderol dengan harga US$90 atau sekitar Rp1,2 juta.

Sikat gigi ini perlu disuplai tenaga listrik. Satu kali pengisian daya baterai, sikat gigi dapat digunakan 28 kali atau jika sehari Anda menyikat gigi dua kali, maka sikat dapat digunakan selama dua minggu.

Untuk pasta giginya, untuk penggunaan normal pasta gigi dapat bertahan hingga sebulan. Pengisian ulang memakan biaya US$3.40 atau sekitar Rp45 ribu.

Layaknya sikat gigi pada umumnya yang perlu diganti secara teratur, Anda juga perlu mengganti corong silikon tiap 3-6 bulan sekali dengan harga sekitar Rp93 ribu.

Pencipta Amabrush mengklaim sikat gigi ini mampu membersihkan gigi 12 kali lebih cepat daripada sikat gigi yang biasa digunakan. "Jika Anda menyikat gigi selama 120 detik dengan sikat gigi biasa (manual atau elektrik), tiap permukaan gigi hanya disikat hanya selama 1.25 detik (faktanya Anda punya 32 gigi dan tiap gigi punya tiga permukaan).

Amabrush menyikat semua permukaan gigi selama 10 detik. Ini artinya: tiap permukaan gigi disikat 8 kali lebih lama dan total durasi menyikat gigi 12 lebih cepat," tutupnya.

Berita ini telah tayang di Cnnindonesia.com, Selasa 11 Juli 2017 dengan judul Amabrush, Sikat Gigi Otomatis Pertama di Dunia

Komentar