Makanan Ini Buat Gigi Tak Mudah Berlubang dan Bikin Lebih Putih

Ilustrasi. (Dok: net)
Ilustrasi. (Dok: net)

TitikNOL - Perubahan warna gigi menjadi kekuningan dapat terjadi diakibatkan oleh jenis makanan dan kebiasaan merokok yang dimiliki oleh seseorang. Namun makanan juga dapat membantu memutihkan gigi Anda kembali, jika disertai juga dengan perawatan yang rutin dan cara menggosok gigi yang benar.

Menurut Dr Steven Lin dari Australia, menerapkan kebiasaan makan yang baik sejak kecil selain mampu mencegah gigi berlubang juga bisa mempengaruhi warna gigi.

“Pasta gigi Anda sebenarnya tidak begitu penting bila dibandingkan dengan asupan nutrisi gigi yang tepat,” ungkap Dr Lin, dilansir laman The Express Tribune, Rabu (25/10/2017).

Wanita yang juga menulis buku berjudul The Dental Diet itu menyebutkan, makanan yang kaya nutrisi berupa vitamin A, K2, D dan E adalah hal yang membuat gigi tidak mudah berlubang.

Jika kurang vitamin A, maka air liur akan kurang diproduksi oleh kelenjar di dalam mulut sehingga tidak bisa menghilangkan bakteri penyebab gigi berlubang.

“Bila Anda tidak mendapatkan cukup vitamin A, kelenjar air liur tidak dapat melakukan pekerjaan mereka. Hal ini menyebabkan terjadinya lubang di permukaan email,” tandas dia.
Vitamin K2 memengaruhi warna gigi menjadi putih. vitamin tersebut dapat Anda peroleh dari mentega dan telur.

Beberapa jenis sayuran seperti brokoli dan bayam yang mengandung vitamin E juga membuat warna gigi menjadi putih dan menghindarkan dari lubang gigi.

Vitamin A dapat diambil dari wortel, vitamin D dari jamur dan ikan, juga susu pastinya. Mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut dapat membantu gigi untuk terlihat sehat dan kuat.

Berita ini telah tayang di sidomi.com, Rabu 25 Oktober 2017 dengan judul Sering Makan Ini Bisa Bikin Gigi Lebih Putih

Komentar