8 Manfaat Konsumsi Popcorn Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi. (Dok: Bigfm)Ilustrasi. (Dok: Bigfm)

TitikNOL - Popcorn identik sebagai camilan saat menonton film di bioskop. Semangkuk popcorn bisa membuat hari menjadi menyenangkan. Bahkan, seperti dilansir Boldsky, popcorn organik yang terbuat dari jagung memiliki banyak manfaat.

Jagung dianggap sebagai sayuran dan biji-bijian yang menyehatkan. Ketika biji jagung dipanaskan dalam minyak dan berubah menjadi popcorn, tetap ada nilai nutrisinya. Namun, agar popcorn mengandung serat, antioksidan, vitamin B kompleks, mangan, dan magnesium. Mengutip Boldsky, berikut 8 manfaat kesehatan konsumsi popcorn:

1. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Popcorn mengandung serat yang bisa menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri sehingga mengurangi keseluruhan kadar kolesterol Anda. Ini juga dapat membantu menurunkan kemungkinan kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Memperlancar Pencernaan

Popcorn mengandung endosperm. Bisa dibilang popcorn mengandung semua serat yang bisa membantu mengobati pencernaan. Ini membantu membuang air besar yang tepat dan akan mencegah sembelit.

3. Mengontrol Gula Darah

Popcorn memiliki jumlah serat yang cukup banyak, ini mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin. Ini akan menjaga kadar gula darah sehingga mencegah diabetes. Jadi, meningkatkan asupan popcorn organik untuk mencegah diabetes.

4. Mencegah Kanker

Popcorn mengandung sejumlah besar senyawa poli-fenolik, salah satu jenis antioksidan yang lebih kuat yang dapat Anda masukkan ke dalam tubuh. Antioksidan adalah zat pertahanan kuat yang bisa menghilangkan radikal bebas.

5. Mencegah Penuaan

Popcorn dapat mengobati gejala terkait usia seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula dan kebutaan, kelemahan otot, dan rambut rontok. Popcorn dapat membuat Anda tetap sehat, berkat antioksidan kuat yang ada di dalamnya.

6. Mengurangi Berat Badan

Popcorn normal hanya mengandung 30 kalori yang 5 kali lebih sedikit daripada keripik kentang berminyak? Kandungan serat dalam popcorn akan membuat Anda merasa kenyang dan menghambat pelepasan hormon kelaparan. Lemak jenuh juga sangat rendah.

7. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang

Popcorn mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Mangan membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoartritis.

8. Mencegah Diabetes

Popcorn penuh dengan serat tinggi sehingga mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah mendadak. Jadi, jika Anda menderita diabetes, Anda dapat dengan aman mengkonsumsi popcorn.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: Popcorn Ternyata Punya 8 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Komentar