Cara Hilangkan Daki di Kulit yang Membandel

Ilustrasi hilangkan daki dengan bubuk kopi. (Dok: Butikmagz)Ilustrasi hilangkan daki dengan bubuk kopi. (Dok: Butikmagz)

TitikNOL - Daki di kulit yang telah hitam akan sulit untuk dihilangkan dengan sekali perawatan. Daki merupakan kotoran hitam yang melekat di kulit khususnya pada area lipatan termasuk siku, ketiak, lutut, leher, betis, dan belakang telinga. Ada cara alami untuk melenyapkan daki dari kulit Anda. Cara ini aman dan tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan kulit.

Meskipun tidak nampak karena berada di area lipatan, daki sering menimbulkan ras malu bagi pemiliknya. Bahkan daki yang dibiarkan menumpuk akan lebih sulit dihilangkan, sehingga pori-pori kulit dapat tertutup olehnya. Timbulnya daki memang tidak dapat dicegah, karena ini merupakan timbunan sel-sel kulit mati yang bercampur dengan debu dan keringat.

6 Cara Menghilangkan Daki di Kulit Dengan Cepat Beberapa bahan alami di bawah ini dapat diterapkan pada kulit, untuk menghapus daki dari kulit tubuh:

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis memang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Untuk menghapus daki di kulit, tidaklah sulit. Potong jeruk nipis menjadi empat bagian, taburkan garam pada bagian dalam. Gosokkan jeruk nipis pada area kulit yang timbul daki. Lakukan cara ini secara teratur tiap hari.

2. Handuk Basah
Cara paling sederhana untuk merontokkan daki di kulit dapat dilakukan menggunakan handuk basah. Gosok-gosokkan pada kulit dengan perlahan dan tidak terlalu keras, agar kulit tidak lecet. Cara ini efektif dalam membersihkan daki yang belum terlalu parah. Lakukan scrub sederhana ini tiap mandi di pagi dan sore hari secara rutin.

3. Bubuk Kopi
Cara membersihkan daki menggunakan kopi adalah menyeduh bubuk kopi bersama air panas, minum selagi hangat. Gunakan ampas kopi sebagai lulur bagi kulit. Terapkan pada kulit yang terlihat hitam, gosokkan secara berulang. Biarkan lulur kopi melekat di kulit selama 20 menit, sebelum mencucinya. Lakukan perawatan kulit ini dengan rutin, agar kulit menjadi cerah kembali.

4. Batu Apung
Daki juga dapat dihilangkan dengan batu apung. Caranya setelah membasahi kulit dengan air, gosokkan batu apung ke area kulit yang berdaki. Dengan cara ini maka daki akan rontok tanpa meninggalkan sisa. Jangan lupa untuk membilas dengan air bersih dan sabun mandi.

5. Bubuk Beras
Untuk meluruhkan daki, siapkan segenggam beras untuk digoreng tanpa menggunakan minyak. Tumbuk beras sangrai hingga halus, tambahkan minyak zaitun dan air jeruk nipis secukupnya. Gunakan campuran ketiga bahan ini sebagai scrub bagi kulit yag bermasalah. Selain menghancurkan daki di kulit, masker beras juga bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami.

6. Menjaga kebersihan tubuh
Cara untuk menghilangkan daki yang paling penting adalah rajin mandi sampai bersih. Cuci wajah Anda setiap selesai beraktivitas yang membuat wajah kotor oleh kotoran dan debu. Sesekali pergi ke tempat Spa untuk merawat kecantikan kulit, jika perlu. Jika Anda menggunakan pemutih kulit, pilihlah lotion dengan bahan hidrogen peroksida dan tabir surya. Khususnya pada area lipatan kulit, pakailah lotion untuk mencegah kotoran dan debu dari lingkungan luar ke kulit.

Demikian 6 cara menghilangkan daki dengan cepat dan aman. Semua cara yang dijelaskan di atas juga berguna untuk mencerahkan kulit. Penting dalam membersihkan daki secara tuntas adalah rutin dan teratur dalam melakukannya. Jangan biarkan kesehatan kulit terganggu oleh adanya daki hitam yang bandel.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.kinisehat.com

Komentar