Cara Menjalani Percintaan dalam Perbedaan Usia

Ilustrasi. (Dok: net)
Ilustrasi. (Dok: net)

TitikNOL - Menjalin cinta dengan orang yang usianya terbilang jauh bukanlah masalah. Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Beda usia, bisa berbeda pola pikir Anda dan pasangan.

Banyak faktor yang membuat seseorang memilih pasangan lebih tua, seperti lebih berpengalaman, bisa membimbing, mencari panutan, atau bahkan ingin mendapatkan sosok seperti orang tuanya.

Menjalin hubungan dengan orang yang usianya berbeda jauh bisa dibilang susah-susah gampang. Ada yang mampu membinanya dengan baik, tetapi ada juga yang pupus. Psikolog Dessy Ilsanty memberikan tip agar hubungan beda usia tetap langgeng.

Penuhi kebutuhan dan harapan pasangan

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan harapan terhadap pasangannya sendiri. Kebutuhan di sini seperti mendapatkan perhatian, didengar, dimengerti, dan hal lainnya. Anda pun pasti mengharapkan menerima perlakuan romantis dari pasangan.

Pasangan yang berbeda jauh usianya juga memiliki pola pikir berbeda. Mungkin yang satu masih terlihat kekanak-kanakan sedangkan satunya lagi terlihat dewasa. Untuk itu, kebutuhan dan harapan dari si pasangannya pun berbeda karena jarak usia yang terbilang jauh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk situasi ini adalah dengan berdiskusi. Anda dan pasangan bisa sama-sama mengetahui kebutuhan dan harapan satu sama lain, sehingga bisa saling belajar untuk menjadi pasangan terbaik.

Bersikap tolerasi

Rasa toleransi diperlukan oleh semua pasangan, tak hanya yang berbeda usia. Sikap ini menjadi satu keharusan yang ada di dalam sebuah hubungan, mulai dari hal sepele hingga besar sekali pun.

Sikap toleransi bisa termasuk menghargai pendapat atau pandangan pasangan yang berbeda dengan yang Andai jalani.

Banyak kasus perpisahan terjadi karena kurangnya sifat toleransi. Untuk itu, Anda dan pasangan dituntut untuk menghadirkan sikap toleransi di dalam hubungan kalian. Salah satunya dengan tidak memperkeruh masalah yang tadinya sepele menjadi besar.

Bergaul dengan orang terdekat pasangan Anda

Menjalin hubungan dengan seseorang, otomatis Anda juga harus mengetahui siapa yang ada di sekitar pasangan. Mungkin bisa dimulai dari keluarga hingga lingkup pertemanannya. Menerima sosoknya sebagai pasangan berarti harus menerima semua yang ada di sekitarnya.

Jika berbeda usia, tentu ada rasa tak nyaman saat Anda yang muda bergaul dengan teman-teman pasangan yang umurnya jauh lebih tua, begitu pun sebaliknya. Bila sudah mulai merasa tidak nyaman, bicarakan saja. Jangan sampai dipendam dan dirasakan sendiri. Anda dan pasangan pasti bisa menghadapi semua masalah. Intinya, bisa sama-sama saling mengerti dan menerima keadaan.

Berita ini telah tayang di Beritagar.id, Jumat 21 Juli 2017 dengan judul Tip jalani cinta beda usia

Komentar