Dengan Mata Tertutup, Gadis Ini Bisa Mengenali Warna dan Suara

Deepti Regmi. (Dok: net)
Deepti Regmi. (Dok: net)

TitikNOL - Manusia pada umumnya bisa mencium aroma. Lain halnya dengan gadis Nepal bernama Deepti Regmi (11).

Deepti memiliki kondisi langka gangguan sensorik yang disebut synaesthesia, yang membuatnya bisa mencium bau warna.

Meski kondisinya belum didiagnosis secara resmi, kemungkinan kelainan synaesthesia sangat tinggi. Regmi bisa mengenali warna, bahkan ketika matanya ditutup.

Menurut sebuah laporan Daily Mail, kondisi tersebut menyebabkan indra seseorang semakin tinggi, dan membuat mereka dapat mencium, merasakan atau bahkan mendengar warna.

Pada sebuah uplikan video, gadis tersebut menunjukkan bakatnya ketika matanya tertutup sambil mengendus warna yang berbeda, dan mengidentifikasinya dengan benar.

Deepti merasa kemampuan yang diberikan kepadanya adalah pemberian Tuhan, dan melalui itu dia ingin, "Membantu orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan dengan keahliannya."

Baru-baru ini, ada laporan tentang orang-orang yang tinggal dengan kondisi tersebut. James Wannerton dari Manchester, Inggris, misalnya, dipercaya bisa mencium suara. Kondisi ini memengaruhi hubungan sosial Wannerton karena jika dia mendapat "selera buruk" dari suara seseorang, dia tidak bisa berada di dekat mereka.

Berita ini telah tayang di suara.com, Selasa 24 Oktober 2017 dengan judul Ajaib, Gadis Ini Bisa "Mencium" Warna dan Suara

TAG unik
Komentar