Hindari Cedera saat Olahraga dengan 4 Cara Berikut

Ilustrasi cedera saat olahraga. (Dok: Wordpress)
Ilustrasi cedera saat olahraga. (Dok: Wordpress)

TitikNOL - Hampir semua olahraga, seperti angkat beban membutuhkan kekuatan otot – mulai dari otot di belakang leher hingga mata kaki. Alih-alih menjaga kebugaran tubuh banyak dari kita justru mengalami cedera saat berolahraga.

Apa yang salah? Prosesnya. Terkadang kita tidak menyadari saat tubuh mengirimkan sinyal atau tanda bahwa ada yang salah saat berolahraga. Akibatnya, nyeri punggung dan cedera lain tidak dapat dihindari. Berikut cara mencegah cedera saat berolahraga yang dapat diikuti dengan sangat mudah.

Peregangan

Melakukan peregangan sebelum berolahraga merupakan suatu keharusan. Namun, peregangan yang Anda lakukan saat menunggu makan malam yang sedang dipanaskan di dalam microwave atau sesaat setelah bangun tidur sama pentingnya dengan sebelum berolahraga. Lakukan peregangan beberapa menit di pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Fokuskan pada kaki untuk mengurangi nyeri punggung. Hal tersebut penting dilakukan oleh Anda yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk setiap harinya. Peregangan seperti Yoga cat atau cow pose dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung.

Jangan terobsesi pada angka

Angkat beban tidak akan melukai siapapun, mereka lah yang melukai dirinya sendiri saat angkat beban. Sangat mudah untuk terus menambah beban yang akan Anda angkat, namun sangat sulit untuk mengalahkan ego Anda. Fokus pada posisi tubuh sebelum melakukan angkat beban, pastikan berdiri sempurna, jangan murah terpancing dengan apa yang dilakukan teman-teman Anda di sasana. Sebab, kapasitas setiap orang berbeda-beda.

Kuasai gerakan dasar

Jika sudah menguasai gerakan dasar, olahraga apapun dapat Anda lakukan dengan maksimal. Pertama, berbaring dengan posisi kedua kaki di udara, tekuk lutut hingga 90 derajat. Letakkan kaki kanan di atas kaki kiri Anda, dan dorong; coba untuk menahan pergerakan apapun – tujuannya untuk mengurangi rasa nyeri pada punggung.

Gerakan dasar kedua bernama bird dogs. Posisikan badan all-fours (posisi badan seperti merangkak), angkat kaki kanan dan tangan kiri ke atas (udara), sejajar dengan punggung dan pinggul. Tahan selama 10 detik, ulangi dengan kaki dan tangan yang berbeda.

Cukup istirahat

Studi yang dilakukan 2014 lalu menunjukkan bahwa atlet dewasa yang tidur kurang dari 8 jam per hari cenderung mengalami cedera 1,7 persen lebih besar dibanding dengan mereka (atlet) yang tidur lebih dari 8 jam per hari.

Berita ini telah tayang di tempo.co dengan judul: 4 Cara Menghindari Cedera Saat Berolahraga

Komentar