Jangan Lakukan Aktivitas Ini Setelah Makan

Ilustrasi tidur setelah makan. (Dok: metodesehat)Ilustrasi tidur setelah makan. (Dok: metodesehat)

TitikNOL - Setelah selesai makan biasanya kita akan merasa ngantuk. Kalau sudah ngantuk seperti ini, godaan untuk tidur pun sangatlah kuat. Padahal tidur setelah makan itu bisa memberi dampak yang negatif untuk kesehatan.

Tidur setelah makan itu tidak serta merta membuat kita gemuk. Ada sejumlah dampak negatif lainnya yang bisa terjadi jika kamu langsung tidur setelah makan. Dampak negatif langsung tidur setelah makan diantaranya adalah heartburn, acid reflux, hingga stroke. Memang cukup beresiko jika kita langsung tidur setelah selesai makan. Perlu waktu dua sampai tiga jam supaya makanan tercerna dengan baik.

Selain tidur, ada sejumlah aktivitas lainnya yang sebaiknya tidak kamu lakukan setelah makan. Apa saja aktifitas tersebut? Berikut info lengkapnya, simak baik-baik.

Merokok
Merokok jelas bisa mengganggu kesehatan. Dan merokok setelah makan dampaknya bisa lebih buruk. Penelitian menyebutkan bahwa merokok satu batang setelah makan itu resikonya sama seperti merokok sepuluh batang rokok pada saat kita tidak selesai makan. Jadi resiko terkena penyakit kanker akan lebih besar.

Mandi
Mandi setelah makan bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Mandi bisa menyebabkan meningkatkan aliran darah di tubuh, tangan, dan juga kaki yang bisa mengganggu proses pencernaan makan serta menyebabkan gangguan cerna. Kalau mau mandi, setidaknya berilah jeda 40 menit setelah selesai makan.

Makan buah
Buah-buahan memang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Jadi sebaiknya dikonsumsi satu jam atau dua jam sebelum makan. Kalau makan buah setelah makan besar, maka bisa menyebabkan perut jadi kembung.

Minum teh
Memang sih, terkadang justru paling enak kalau minum teh hangat setelah selesai makan. Tapi ternyata disarankan untuk tidak minum teh setelah makan. Kenapa begitu? Karena kandungan keasaman pada teh bisa membuat proses pencernaan makanan lebih berat. Asam yang terdapat dalam teh bisa membuat protein mengeras sehingga sulit untuk dicerna. Selain itu, tubuh jadi sulit untuk menyerap zat besi dengan baik. Minum teh baru bisa dilakukan setidaknya satu jam setelah selesai makan.

Setelah makan, berilah kesempatan pada tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. Minimal dalam kurun waktu dua jam setelah makan kita tidak boleh langsung tidur atau melakukan aktivitas-aktivitas yang disebutkan di atas tadi. Sayang banget kan kalau gizi dan nutrisi pada makanan yang kita konsumsi tidak terserap dengan baik karena sebuah kesalahan kecil yang kita lakukan.

Itu tadi aktivitas yang tidak boleh dilakukan setelah makan, semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat.

Sumber: www.rancahpost.co.id

Komentar