Lima Cara Ini Mampu Atasi Nyeri Perut Saat Haid

Foto ilustrasi nyeri perut saat haid. (Dok:net)Foto ilustrasi nyeri perut saat haid. (Dok:net)

TitikNOL - Nyeri di bagian perut sering kali dialami perempuan di masa awal menstruasi. Pada beberapa perempuan, rasa sakit tak begitu terasa sehingga mereka tetap menjalani aktivitas seperti biasa. Namun, tak sedikit yang juga merasakan nyeri tak tertahankan dan tak dapat melakukan apapun. 

Biasanya nyeri perut berlangsung selama satu hingga tiga hari. Hal ini diakibatkan kontraksi pada rahim yang mendorong pembuluh darah. Akibatnya, oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan rasa sakit seperti kram timbul. 

Sebagian perempuan yang tak dapat menahan rasa sakit biasanya memilih mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, sebenarnya terdapat obat alami yang dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Dilansir Boldsky, inilah yang sebaiknya para perempuan konsumsi saat mengalami hal tersebut.

1. Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang mampu meredakan banyak masalah perut, tak terkecuali sakit akibat menstruasi. Jahe mampu melancarkan aliran darah. 

Rebuslah jahe hingga hampir mendidih selama lebih kurang tujuh menit. Kemudian tuangkan air rebusan dalam cangkir dan Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat. Dalam hitungan menit, perut akan terasa lebih nyaman dan rasa nyeri perlahan berkurang.

2. Pepaya muda

Pepaya muda memiliki kandungan serat yang baik untuk otot dalam rahim perempuan. Karena itu, dengan mengonsumsi buah ini, aliran darah akan lancar. 

Sebaiknya, Anda mengonsumsi pepaya muda dalam bentuk jus atau buah langsung secara teratur. Setidaknya, sekali dalam sepekan agar rasa nyeri saat menstruasi bisa benar-benar berkurang.

3. Kayu manis

Kayu manis bisa membantu melancarkan siklus menstruasi yang tidak teratur dengan konsumsi secara rutin. Selain itu, kayu manis juga berguna mengurangi kram yang terjadi saat menstruasi. 

Campurkan bubuk kayu manis dalam minuman hangat seperti teh atau susu. Anda juga bisa mengonsumsi kayu manis dalam makanan dengan menambahkannya pada roti.

4. Lidah buaya

Lidah buaya sangat efektif membantu mengatur hormon agar siklus mentruasi bisa lebih teratur. Dengan siklus yang teratur, biasanya nyeri pada perut cenderung tak terasa sangat menganggu. Campurkan ekstrak lidah buaya dengan madu dan konsumsilah bahan campuran ini secara rutin.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu mengatur kadar gula darah sehingga efektif melancarkan siklus mentruasi menjadi teratur secara alami. Bagi Anda yang sering mengalami masalah nyeri saat menstruasi, khususnya karena gejala siklus yang tak teratur sebaiknya konsumsi cuka sari apel secara teratur. 

Ambil satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dan campurkan dalam segelas air. Sebaiknya, konsumsi satu kali dalam sehari sebelum makan sebelum waktu datang bulan biasanya tiba.

Semoga tadi bermanfaat!

 

 

 

 

Sumber: www.republika.co.id

Komentar