Pria Tidur Lebih Awal Diidentifikasi Mempunyai Masalah Jantung

Foto ilustrasi pria sedang tidur. (Dok: stepbystep)
Foto ilustrasi pria sedang tidur. (Dok: stepbystep)

TitikNOL - Anda mungkin sering didera rasa kantuk pada jam-jam yang biasanya belum waktu jam tidur malam. Mungkin gejala tersebut terlihat biasa saja. Tapi tidur lebih awal menjadi pertanda kurang baik, terutama bagi pria.

Penelitian yang dilakukan Hiroshima University menemukan jika tidur lebih awal bisa menjadi pertanda dari masalah jantung serius bagi pria. Simpulan tersebut dihasilkan dari penelitian yang dilakukan pada 240 pria dewasa.

Pria dewasa yang memiliki kebiasaan tidur lebih awal ditemukan memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Mereka secara signifikan memiliki waktu tidur lebih awal dari pria-pria pada umumnya. "Tidur cepat memiliki kaitan dengan hipertensi pribadi," kata Nobuo Sasaki pemimpin penelitian dikutip dari Independent, Senin (5/9).

Hipertensi dikenal dengan penyakit yang tidak menunjukkan tanda-tanda secara fisik. Tapi tidak dipungkiri hipertensi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Dalam penelitian diketahui jika pria cenderung tidur pada pukul 23.28 menit. Mereka yang tidur pada pukul 23.10 menit atau lebih cepat 18 menit memiliki risiko serangan jantung.

Peneliti mengatakan, pria dengan tekanan darah tinggi yang tidur lebih awal mungkin disebabkan oleh kesehatan yang kurang baik. Efek berkelanjutannya membuat mereka lebih cepat merasakan lelah. Namun, peneliti tidak mengesampingkan kemungkinan jika hipertensi mengubah jam tubuh mereka sehingga membuatnya ingin tidur lebih awal.

Sumber: www.republika.co.id

Komentar
Tag Terkait