Temuan Baru Rahasia Awet Muda di Usia Senja

Foto ilustrasi. (Dok:net)
Foto ilustrasi. (Dok:net)

TitikNOL - Perawatan dokter hingga krim wajah kerap menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin tetap awet muda. Opsi tersebut tentu tidak salah, namun membutuhkan cukup banyak biaya.

Belum lama ini, para peneliti dari University of Guelph di Ontario, Kanada, menemukan satu cara sederhana dalam menjaga tubuh agar awet muda. Cara tersebut ialah olahraga, kegiatan yang notabenenya tidak memerlukan banyak biaya.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti melibatkan peserta yang berusia 80 hingga 90 tahun. Para peserta ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok mantan atlet profesional dan kelompok individu biasa yang hidup mandiri.

Dari penelitian tersebut, didapati bahwa kelompok mantan atlet profesional memiliki otot yang lebih muda serta sel otot yang lebih sehat jika dibandingkan orang pada umumnya. Selain itu, para mantan atlet yang bergerak aktif di masa muda ini juga memiliki kaki yang 25 persen lebih kuat. Massa otot para mantan atlet profesional di usia senja mereka pun lebih besar 14 persen dibandingkan kelompok yang jarang berolahraga ketika muda.

"Olahraga pastinya merupakan kontributor penting dalam kinerja fungsional tubuh," terang kepala peneliti Geoff Power seperti dilansir Mirror.

Power mengungkapkan pada proses penuaan normal, sistem saraf akan mulai kehilangan kemampuan dari saraf motorik yang memberi komando pada otot untuk bekerja. Kondisi ini dapat mengarah pada menurunnya massa otot dan berkurangnya kekuatan. Proses ini semakin cepat ketika seseorang memasuki usia 60 tahun.

Akan tetapi, pada mantan atlet yang kini berusia 80 hingga 90-an tahun ditemukan unit motorik yang lebih banyak dibandingkan para non atlet. Unit-unit motorik yang terdiri dari saraf dan serat-serat otot ini membuat massa dan kekuatan otot lebih besar meski sudah memasuki usia senja.

"Oleh karena itu, mengidentifikasi peluang untuk menunda hilangnya unit-unit motor di usia tua sangat penting," ujar Power.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.republika.co.id

Komentar