Mandalika Berpeluang Gantikan Brno di MotoGP 2021

Sirkuit Mandalika. (Dok: Pikiran Rakyat)
Sirkuit Mandalika. (Dok: Pikiran Rakyat)

TitikNOL - Dorna Sports sedianya telah mejadwal sebanyak 20 balapan di sepanjang musim MotoGP 2021 nanti.

Tapi sekarang satu seri dinyatakan mundur, karena masalah lintasan yang tak sanggup direnovasi.

MotoGP Ceko harus keluar dari kalender, keputusan berat ini karean mereka tak sanggup merenovasi lintasan sirkuit Brno, dengan perkiraan biaya hingga 4 juta euro.

Dana sebesar itu diakui Wali Kota Brno, Marketa Vankova sulit untuk tersedia, karena pihk pemerintah sudah menyalurkan dana yang tak sedikit untuk penanganan pandemi Covid-19.

Karena itu, tiga seri cadangan siap menjadi pengganti, ada Portugal, Rusia dan Indonesia.

Hal ini bisa membuka peluang Indonesia untuk menjadi pengganti jika sirkuit Mandalika sudah rampung sesuai dengan jadwal.

Saat ini sirkuit jalan raya di Lombok Tengah itu sedang dalam proses pembangunan, ditargetkan selesai Juli 2021 yang akan datang.

Tentu ini akan menjadi tantangan berat, walau peluang semakin lebar tapi persaingan dengan Rusia dan Portugal juga tak boleh diabaikan.

Apalagi sirkuit Algarve di Portugal dan Sirkuit Igora di Rusia jauh lebih dari Mandalika, karena siap pakai untuk balapan.

Alasannya lain juga soal jarak tempuh untuk logistik. Bahkan, jarak Sirkuit Igora dengan Sirkuit Kymiring tempat berlangsungnya MotoGP Finlandia yang digelar sebelum jadwal kosong MotoGP Ceko hanya 264 kilometer.

Meski demikian, jelas masih ada perubahan lain di kalender nantinya, dan kemungkinan Indonesia untuk menggelar balapan tetap ada.

Yang terpenting adalah sirkuit selesai tepat waktu, dan harus sudah siap digunakan sebelum musim berakhir.

Berita ini telah tayang di rungansport.com, dengan judul: Peluang Mandalika Gantikan Brno di MotoGP 2021

Komentar