Drainase Buruk, 4 RT di Lebak Terendam Banjir

Pemukiman warga kaduagung yang terkena banjir. (Foto: Ist)Pemukiman warga kaduagung yang terkena banjir. (Foto: Ist)

LEBAK, TitikNOL - Pemukiman warga di empat RT di Kampung Kadu Agung, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, terendam banjir. Banjir terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut sejak pukul 15.00 - 17.00 WIB, Minggu (23/9/2018).

Pantauan TitikNOL, keempat RT di Kampung Kadu Agung yang terkena banjir terjadi di RT 07, 08, 05, 04 RW 04. Drainase yang buruk diduga menjadi penyebab aliran air tak mampu menampung debit air hujan sejak sore hari itu.

Fili (31) salah seorang warga RT 07 RW 04, Desa Kadu Agung Timur mengatakan, rumahnya terendam akibat hujan deras yang terjadi selama dua jam.

Bahkan, aliran air sampai masuk ke dalam rumah karena drainase yang ada di samping kediamannya tidak mampu menampung debit air akibat hujan deras tersebut.

Menurut Fili, setiap hujan turun dan drainase yang buruk, air menggenangi jalan depan rumahnya dan sebagian masuk ke rumah.

"Setiap turun hujan walaupun cuma satu atau dua jam pasti banjir, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa," ujar Fili kepada TitikNOL di lokasi banjir.

Fili berharap pemerintah setempat meninjau dan memperbaiki drainase di empat RT yakni RT 07, 08, 05, 04 RW 04, Desa Kadu Agung Timur. Karena menurut dia, setiap hujan deras air meluap dan menggenangi pemukiman warga.

Hal yang sama juga dikatakan Nani warga RT 05 RW 04. Kata Nani, penyebab banjir akibat hujan deras dan drainase mampet, sehingga air meluap dan menggenangi pemukiman warga.

"Penyebabnya selokan mampet, jadi enggak ada pembuangan air akhirnya meluap," tukas Nani. (Gun/TN3)

Komentar