FPC Minta Panitia PHBN Tanggungajawab Soal Insiden Warga Tersambar Petir

Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

LEBAK, TitikNOL - Forum Peduli Cilograng (FPC) meminta panitia penyelenggara kegiatan Bertanggungjawab, atas insiden puluhan warga tersamber petir saat perayaan HUT RI yang ke - 75 tahun di Desa Girimukti, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Senin (17/8/2020).

Ketua Forum Peduli Cilograng (FPC) Siti Lomyati menjelasakan, FPC prihatin dan turut berbelasungkawa atas insiden korban yang tersambar petir yang terjadi di desa Girimukti, Kecamatan Cilograng.

"Bagi keluarga korban meninggal dunia, kami turut berbelasungkawa atas kehilangan nyawa dari anak muda harapan bangsa," katanya, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Tersambar Petir saat Nonton Bola di Acara HUT RI, 3 Warga di Lebak Tewas

Oleh karenanya lanjut Siti, pihaknya memohon kepada panitia dan penanggungjawab kegiatan yang mengakibatkan terjadi konsentrasi massa hingga tragedi tersambar petir, untuk bertanggungjawab atas kejadian tersebut.

Menurut Siti, ada beberapa poin penting yang harus dipenuhi oleh pihak panitia dan penanggungjawab kegiatan serta melakukan evaluasi kepada pihak - pihak yang mendukung kegiatan tersebut.

"Pertama penyelenggara acara harus memberikan santunan atas korban meninggal dan mengganti seluruh biaya pengobatan korban. Kedua, harus ada permintaan maaf dari pihak penyelenggara terkait penyelenggaraan kegiatan, ketiga panitia dan penanggungjawab harus menanggung terkait persoalan hukum jika ada keluarga korban yang menuntut persoalan ini. Mengingat himbauan pemerintah untuk tidak melakukan keramaian yang ternyata dilanggar," ungkap Siti.

Selain itu, FPC meminta agar pihak-pihak terkait melakukan evaluasi dan koreksi atas peristiwa tersebut. Evaluasi harus dilakukan, agar tidak terulang kejadian yang sama.

"Kami tidak ingin kejadian ini terulang lagi, semua pihak untuk menjaga agar ditengah pandemi untuk tidak menyelenggarakan kegiatan keramaian," tutupnya. (Zal/TN1)

Komentar