Minggu, 14 Juli 2024

Jaga Kelestarian Badak Jawa, Mahasiswa UIN Banten Ajak Masyarakat Konservasi Hutan

SERANG, TitikNOL - Badak Jawa salah satu spesies yang langka di dunia. Keberadaannya sangat terhitung dan tidak semua negara memiliki habitatnya.

Spesies Badak Jawa masih memiliki habitat di Banten yang terletak di Ujung Kulon. Bahkan hewan itu menjadi buruan oknum demi meraup keuntungan pridadi.

Perlu ada perlindungan khusus dan kesadaran dari masyarakat agar habitatnya terjaga hingga berkembang biak.

Dalam momen Hari Badak Sedunia, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi UIN Banten menggelar seminar sebagai upaya menjaga keberlangsungan Badak Jawa.

Ketua HMJ Biologi UIN Banten, Agung mengatakan, lewat seminar diharapkan dapat menumbuhkan jiwa Konservasi khusunya pada mahasiswa biologi dan khalayak umum.

"Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kesadaran kami mahasiswa Biologi, terhadap kondisi keberadaan Badak di Indonesia. Maka kami ingin mewujudkan semangat konservasi dan kesadaran dalam menjaga spesies langka," katanya, Senin (2/10/2023).

Ia menyebutkan, Badak Jawa bukan hanya warisan Banten atau Indonesia, melainkan warisan Dunia.

"Saya kira badak adalah anugerah dari Tuhan sebagai mahkluk hidup yang harus dijaga, maka dari pada itu kita sebagai makhluk hidup harus saling menjaga dan melestarikannya," ungkapnya.

Dengan edukasi lewat seminar, mahasiswa dan masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian Badak Jawa.

"Acara ini semoga dapat memantik kesadaran para khalayak umum untuk bagaimana menjaga kelestarian badak hari ini," tutupnya. (Son/TN3)

Komentar