Tekan Angka Pengangguran, STPI Curug Berikan Pelatihan Skill Kepada Warga Cilegon

150 orang peserta pelatihan skill yang digelar STPI Curug foto bersama di halaman Kantor Kecamatan Grogol. (Foto: TitikNOL)
150 orang peserta pelatihan skill yang digelar STPI Curug foto bersama di halaman Kantor Kecamatan Grogol. (Foto: TitikNOL)

CILEGON,TitikNOL - Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug memberikan pelatihan peningkatan skill masyarakat sebagai modal masuk industri dan wirausaha. Pelatihan dengan tujuan untuk menekan jumlah pengangguran itu digelar di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

Ketua STPI Curug, Novyanto mengatakan pelatihan diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Grogol yang belum memiliki pekerjaan dan tidak memiliki akses untuk bekerja.

"Di Kecamatan Grogol ada 150 orang yang kita berikan pelatihan. Mereka ini rata-rata belum bekerja dan tidak memiliki akses untuk bekerja," kata Novyanto di Kantor Kecamatan Grogol, Kamis (24/1/2019).

Novyanto mengungkapkan, sebelum mengikuti pelatihan para peserta terlebih dahulu bela negara dan wawasan kebangsaannya baik.

"Sebelum dilatih mereka kita pastikan bela negara dan wawasan kebangsaannya baik. Kemudian mereka baru kita berikan bekal keterampilan seperti las listrik, instalasi listrik baik rumah tangga maupun industri dan service AC,"ujarnya.

Pelatihan peningkatan skill masyarakat di Kecamatan Grogol tersebut akan berlangsung selama 9 hari.

Dengan adanya pelatihan itu, sambung dia, diharapkan bagi mereka yang mengikuti pelatihan tersebut mampu bekerja secara mandiri, baik perorangan maupun kelompok.

"Terus diakhir pelatihan nanti mereka kita berikan bekal peratan las listrik, instalasi listrik dan service AC supaya mereka bisa langsung bekerja maupun buka usaha sendiri. Pada intinya pendidikan membentuk skill masyarakat ini sebagai solusi agar warga Kota Cilegon memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan,"tutupnya.

Sementara Camat Grogol Hudri Hasun menyambut baik ada pelatihan skill yang digelar STPI Curug tersebut.

"Mudah-mudahan ilmu yang diberikan STPI kepada muda-mudi kita akan bermanfaat untuk masa depan mereka, tentunya bisa mendapatkan pekerjaan apa yang mereka diharapkan,"tuturnya. (Ardi/TN2).

Komentar