Capaian Kinerja DPMPTSP Kabupaten Lebak Tahun 2014 - 2017

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menyaksikan penandatanganan prasasti diresmikannya pembangunan stasiun kereta api Maja oleh Dirjen Perkereta Apian Hermanto Dwiatmoko. (Dok: TitikNOL)
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menyaksikan penandatanganan prasasti diresmikannya pembangunan stasiun kereta api Maja oleh Dirjen Perkereta Apian Hermanto Dwiatmoko. (Dok: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2014-2019, diarahkan dalam rangka menuju Kabupaten Lebak yang maju dan berdaya saing, melalui pemantapan pembangunan perdesaan dan pengembangan ekonomi kerakyaatan.

Dikatakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak Wahab Rahmat, untuk mewujudkan visi tersebut, dirumuskan Misi yakni meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang produktif, kreatif dan inovatif. Hal ini kata Wahab, ditunjukan dengan kondisi sumberdaya manusia yang berdaya saing dengan kompetensi yang mumpuni, kreatif, inovatif yang didukung dengan moralitas yang berbasis agama yang kokoh.

"Meningkatkan tata kelola pemerintah yang baik berorientasi pelayanan publik. Kondisi birokrasi berperan sebagai katalisator pembangunan dengan karakteristik organisasi yang respon terhadap tuntutan publik, terhadap kinerja pelayanan, dengan tetap memegang teguh asas transparansi dan akuntabel," ujar Wahab.

Menurut Wahab, dengan meningkatkan perekonomian yang kokoh berbasis ekonomi kerakyatan, akan menciptakan Kabupaten Lebak menjadi daerah yang mampu bertahan dari berbagai permasalahan ekonomi, baik yang disebabkan dari aktivitas ekonomi domestik maupun aktivitas ekonomi global. Sehingga akan memposisikan Kabupaten Lebak yang mampu bersaing dengan daerah sekitar melalui penguatan ekonomi usaha/industri kecil dan menengah, pariwisata dan sektor pertanian serta pengembangan investasi baik yang dilakukan Pemerintah maupun Swasta.

Lalu, meningkatkan ketersediaan infrastruktur strategi wilayah yang berkualitas juga dilakukan dengan pembangunan insfrastruktur yang memperioritaskan memperluas akses terhadap pusat-pusat kegiatan masyarakat, terutama pada bidang pendidikan, kesehatan, dan perekonomian. Selain itu pembangunan infrastruktur yang dilakukan mengoptimalkan pemberdayaan sumber daya setempat dengan tetap memperhatikan kualitas.

Misi yang berkaitan dengan urusan penanaman modal serta tugas dan fungsi DPMPTSP Kabupaten Lebak dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah adalah Misi ketiga yaitu, Meningkatkan Perekonomian yang Kokoh Berbasis Ekonomi Kerakyatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan ekonomi daerah dan kondusifitas investasi.

"Dalam rangka menunjang keberhasilan visi yang telah ditetapkan, DPMPTSP mengemban misi, mewujudkan kapasitas kelembagaan yang berkualitas, meningkatkan iklim investasi yang kondusif dan berdaya saing. Meningkatkan efektivitas perencanaan dan promosi penanaman modal, mewujudkan sistem informasi data penanaman modal dan perijinan yang handal," beber Wahab.

Wahab menambahkan, Program Prioritas DPMPTSP dalam mendukung pelaksanaan penanaman modal yakni, Program Peningkatan Promosi dan Kerjasama Investasi, Program Peningkatan Iklim Investasi dan Realisasi Investasi dan Program Penyiapan Potensi Sumber Daya, sarana dan Prasarana Daerah. (Gun/red)

Komentar