Aroma Pria Pemakan Buah dan Sayuran Lebih Disukai Wanita

Ilustrasi. (Dok: net)
Ilustrasi. (Dok: net)

TitikNOL - Bukan rahasia lagi jika sayur dan buah-buahan penting untuk kesehatan. Namun, tahukah Anda manfaat melahap keduanya bukan sekadar soal sehat dan langsing?

Riset belum lama ini menemukan alasan baru mengapa Anda, khususnya para pria sebaiknya memenuhi asupan lima sajian buah dan sayur per hari.

Mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut membuat Anda lebih menarik bagi para perempuan. Sebabnya, pria yang makan banyak buah dan sayur cenderung punya aroma tubuh yang menyenangkan.

Untuk riset ini, tim yang dikepalai Dr. Ian Stephen psikolog dari Macquarie University, Sydney, mengumpulkan sampel keringat dari 43 pria. Sampel didapat dengan meminta partisipan riset mengenakan kaus katun di balik kemeja selama 24 jam.

Untuk memastikan kaus menyerap aroma tubuh alami, tim riset meminta mereka menghindari makanan berbau tajam dan produk wewangian. Para pria juga diminta berolahraga selama satu jam. Mereka juga diminta memberi info makanan yang mereka makan sehari-hari.

Setelah itu Stephen dan tim meminta 9 perempuan menguji aroma masing-masing sampel. Caranya tentu saja dengan mencium aroma yang menempel di kaus tersebut.

Para perempuan diminta menilai dan membagi seluruh sampel ke dalam tiga kategori utama. Aroma bunga atau binatang, bahan kimia, dan bau tak sedap.

Dari semua sampel, para perempuan lebih suka dengan aroma keringat yang manis, dan harum layaknya bunga. Nah, sampel keringat dengan aroma seperti itu rupanya adalah milik para pria yang makan paling banyak sayur dan buah-buahan.

Selain itu, para perempuan juga cenderung lebih tertarik pada pria yang makan banyak daging, telur, dan tofu. Namun mereka kurang suka dengan pria pemakan pasta, roti, dan makanan sarat karbohidrat lain.

Menurut Stephen dan tim, aroma tubuh pria bekerja layaknya sinyal, memberi tanda pada perempuan seberapa sehat mereka. Tak hanya itu, studi ini juga menemukan bahwa makan sayur dan buah juga membuat kulit pria terlihat lebih menarik.

Dari hasil riset, terbukti bahwa para pria yang dianggap paling menarik adalah mereka yang kulitnya mengandung karotenoid tinggi.

Karotenoid adalah pigmen organik yang memberi warna pada tanaman. Jadi tak mengherankan jika pria yang banyak mengonsumsi asupan dengan kandungan karotenoid tinggi--seperti sayur dan buah--cenderung memiliki warna kulit kekuningan. Dan perempuan memandang ini sebagai sesuatu yang menarik.

Riset ini bukan yang pertama meneliti aroma tubuh lelaki dan preferensi perempuan. Sebelumnya pada 2015, ada sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite.

Berbeda dengan anggapan umum, perempuan justru menyukai aroma tubuh pria yang banyak mengonsumsi bawang putih. Menurut para periset dari Charles University di Praha, tanggapan positif terhadap aroma tubuh bak bawang putih itu bisa jadi dipicu oleh senyawa antioksidan di dalam bawnag putih. Terbukti mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan aroma tubuh secara keseluruhan.

Sumber: www.beritagar.id

TAG pria
Komentar