Beberapa Cara Agar Anak Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ilustrasi (Dok:Himedik)Ilustrasi (Dok:Himedik)

TitikNOl - Anak di bawah lima tahun atau balita butuh waktu tidur sekitar 11-14 jam per hari, menurut American Academy of Pediatrics. Kebanyakan balita tidur mulai pukul 19.30 atau 20.00. Anak yang tidur sebelum pukul 21.00 biasanya jarang terbangun di malam hari sehingga bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

Lalu, usahakan bangun di jam yang sama setiap harinya. Jangan buat perbedaan waktu bangun di hari biasa dan akhir pekan, kalaupun ada perbedaan, batas toleransinya sekitar 1-1,5 jam saja.

Pemenuhan waktu tidur sangat penting untuk tetap sehat secara mental dan fisik, serta mendukung tumbuh kembangnya. Tapi bagaimana jika ia sulit tidur nyenyak, terutama di malam hari?

Pakar nutrisi dari India, Dr. Seema Khanna, mengungkapkan sejumlah trik untuk membuat si kecil tidur nyenyak. Salah satunya adalah minum susu. Tapibanyak orang tua yang menghindari minuman ini sebelum tidur dapat memicu tekanan urin sehingga anak mengompol. Kadang-kadang, minum sebelum tidur juga bikin anak bersendawa, bahkan muntah.

Dikutip dari The Indian Express, Dr. Seema punya tiga trik lain untuk membuat anak tidur nyenyak di malam hari.

1. Biarkan anak aktif sepanjang hari

Biarkan anak Anda melatih pikiran dan tubuhnya di siang hari dengan beragam aktivitas. Ini akan membuat ia kelelahan dan siap tidur di waktu yang seharusnya.

2. Jaga rutinitas waktu tidur rutin

Ciptakan rutinitas tidur, yaitu mandi, buku, dan tempat tidur. Untuk pilihan buku, pilih yang tidak menakutkan agar tidak membuat anak bermimpi buruk. Ikuti rutinitas itu setiap kali si kecil akan tidur. Anda juga bisa bereksperimen sesekali dengan beberapa aktivitas lain seperti menyanyi atau cerita tambahan, tetapi jangan terlalu mengubah rutinitas dasar. Sebab, semakin banyak aktivitas tambahannya, semakin sulit mata si kecil tertutup. Jaga rutinitas itu. Jika anak terbiasa tidur pukul 19.30, tetap pertahankan. Usahakan rutinitas tidur hanya berlangsung sekitar 15 menit setiap hari, sebelum akhirnya anak menutup mata.

3. Bijak memilih makanan ringan sebelum tidur

Sebagain orang memiliki kebiasaan nyamil sebelum tidur. Anda harus bijak memilih camilannya, hindari yang mengandung gula. Camilan atau minuman manis di waktu-waktu sebelum tidur dapat meningkatkan kadar gula, dan gula membuat anak-anak aktif. Lebih baik memilih segelas kecil susu tawar atau biskuit polos dan keju. Tapi setelah nyamil, jangan lupa menggosok gigi.

4. Hindari layar

American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar semua layar, baik televisi, komputer, tablet, smartphone, dimatikan setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur. Jauhkan benda-benda itu dari kamar si kecil. Dan, jika si kecil punya kebiasaan menonton di sing hari, pastikan tontonan itu sesuai usia dan tidak menakutkan agar tidak menimbulkan mimpi buruk.

Berita ini telah tayang di gaya.tempo.co, dengan judul: 4 Trik Agar Anak Tidur Nyenyak di Malam Hari

Komentar