Cara Memperbaiki Pola Tidur

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

TitikNOL - Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia untuk mencapai kesehatan yang optimal. Istirahat teratur membuat sistem metabolisme di tubuh serta peredaran darah akan lancar.

Namun, bagaimana jika pola tidur seseorang terganggu? Ada banyak faktor yang menyebabkan pola tidur Anda terganggu, mulai dari stres karena pekerjaan, penyakit tertentu, hingga hal-hal yang tak terduga lainnya.

Meski beberapa faktor yang menganggu tidur Anda tidak dapat dikendalikan, Anda bisa menerapkan kebiasaan mendorong tidur lebih nyenyak. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki pola tidur agar lebih sehat.

1. Membuat jadwal tidur

Membuat jadwal tidur disarankan bagi Anda yang kurang disiplin menjalankan pola tidur yang baik. Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7 jam per hari.

Sebaiknya, atur waktu tidur dan bangun Anda di waktu yang sama setiap harinya. Tak hanya itu, cobalah untuk tidak membuat perbedaan jam tidur di akhir pekan. Dengan memiliki waktu yang konsisten dapat memperkuat siklus tidur bangun Anda teratur.

2. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Pola makan erat kaitannya dengan pola tidur. Jangan tidur saat Anda lapar atau kenyang. Hindarilah konsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur.

Sementara itu, nikotin, kafein dan alkohol juga patut diwaspadai, pasalnya butuh waktu berjam-jam bagi tubuh untuk menghilangkan efek stimulasi nikotin dan kafein. Sedangkan efek diuretik pada alkohol membuat Anda yang berhasil tidur akan sering buang air kecil. Hal ini tentu akan mengganggu kualitas tidur Anda.

3. Pencahayaan ruangan

Eksposur cahaya bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Atur suasana ruangan menggunakan nuansa gelap karena jam biologis tubuh mudah terpengaruh dengan stimulus cahaya.

Jika ingin memperbaiki waktu tidur di malam hari, cobalah kurangi paparan cahaya yang berasal dari lampu maupun monitor komputer. Untuk di pagi hari, buatlah kamar Anda terisi dengan cahaya matahari ataupun cahaya lampu. Lampu kamar yang terang akan memudahkan seseorang untuk terbangun. Selain itu, Anda bisa menambahkan aroma terapi pada ruang tidur serta rajin membersihkannya dari debu dan kotoran.

4. Relaksasi sebelum tidur

Relaksasi sebelum Anda tidur dibutuhkan untuk menata kembali segala rutinitas keesokan hari. Melakukan relaksasi juga tidak perlu dengan olahraga yang berat, cukup dengan mengatur pernapasan serta meregangkan otot dan tulang persendian bisa membuat tidur Anda jauh lebih pulas.

Selain itu, pertahankan suhu ruangan agar tetap sejuk. Suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan memengaruhi kualitas tidur Anda.

5. Atur jadwal aktivitas fisik

Olahraga adalah salah satu cara paling baik untuk membuat tubuh bugar dan meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur.

Apabila Anda memiliki kebiasaan berolahraga, lakukanlah aktivitas fisik secara teratur dan usahakan lakukan pada pagi hari.Itulah beberapa cara untuk memperbaiki pola tidur Anda.

Apabila sudah menerapkannya namun tak kunjung berhasil, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah ada masalah lain yang mengganggu pola tidur Anda.

Berita ini telah tayang di klikdokter.com, dengan judul: Kiat Jitu Memperbaiki Pola Tidur

Komentar