Ini Alasan Sebaiknya Hentikan Kebiasaan Melewatkan Sarapan

Ilustrasi. (Dok: Larazon)
Ilustrasi. (Dok: Larazon)

TitikNOL - Kepadatan rutinitas terkadang membuat seseorang harus pulang larut malam dan kembali memulai aktivitas di pagi buta. Tak jarang dirinya harus terburu-buru karena takut terlambat mengerjakan sesuatu. Dalam kondisi tersebut biasanya ada hal yang dikorbankan, yaitu sarapan.

Tidak sedikit yang berpikir sarapan menghabiskan banyak waktu, mulai dari menyiapkan makanan hingga mengonsumsinya. Sehingga mereka menyugesti dirinya sendiri jika perut masih kenyang atau cukup diisi dengan segelas susu. Akan tetapi, sebagaimana diketahui melewatkan sarapan adalah kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan.

Saat beraktivitas, tubuh memerlukan energi yang bisa didapatkan dari makanan. Jika tidak ada makanan yang masuk di pagi hari, otomatis tubuh tidak memiliki bahan bakar untuk melakukan sesuatu. Akibatnya saat beraktivitas konsentrasi menjadi menurun dan tubuh terasa lelah meskipun sudah beristirahat semalaman.

Melansir NDTV, Kamis (19/4/2018), inilah beberapa manfaat dari sarapan sehingga tidak boleh dilewatkan:

Menjadi sumber energi

Saat bangun tidur, perut berada dalam kondisi lapar yang mengakibatkan tubuh cepat lelah karena kadar glukosa darah belum pulih ke tingkat normal. Untuk menaikkan kadar glukosa, diperlukan makanan untuk dikonsumsi.

Menaikkan tingkat konsentrasi

Sehabis sarapan kadar glukosa otomatis akan naik. Glukosa itu kemudian dibakar oleh tubuh untuk menjadi energi termasuk ke otak. Selain membuat tubuh bertenaga untuk melakukan aktivitas, sarapan juga membantu otak untuk berkonsentrasi sehingga mempermudah melakukan aktivitas.

Memperbaiki mood

Ketika seseorang melewatkan sarapan, suasana hatinya menjadi tidak menentu dan tingkat stresnya tinggi. Dengan begitu ia akan mudah tersinggung dan tersulut emosi. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan membantu memperbaiki suasana hati dan menaikkan mood untuk melakukan aktivitas.

Membantu menjaga berat badan ideal

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan berpikir bila melewatkan sarapan bisa membantunya. Sebenarnya hal itu salah besar. Melewatkan sarapan berpengaruh terhadap menurunnya sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu, bukannya turun, berat badan malah bisa bertambah. Sarapan bisa membantu menaikkan sistem metabolisme tubuh yang pada akhirnya memberikan pengaruh untuk menjaga berat badan ideal. Tapi tentu makanan yang dipilih harus sehat dan seimbang.

Pilihan menu untuk sarapan

Meskipun sarapan tergolong penting untuk tubuh, bukan berarti segala macam jenis makanan bisa dikonsumsi. Tetap harus memerhatikan keseimbangan nutrisi. Banyak ahli nutrisi yang menyarankan bila makanan terbaik untuk sarapan adalah yang tinggi protein dan karbohidrat. Walaupun lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral juga dibutuhkan. Beberapa menu yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan antara lain roti gandum yang diolesi selai kacang atau diisi dengan telur, selada, dan tomat, buah, segelas susu atau yoghurt smoothie, serta oat.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: 4 Alasan Sebaiknya Anda Hentikan Kebiasaan Melewatkan Sarapan

Komentar