Saat Sarapan, Pakar Nutrisi Mengingatkan Jangan Anti Karbohidrat

Ilustrasi. (Dok: subscribethis)
Ilustrasi. (Dok: subscribethis)

TitikNOL - Mana makan yang paling penting dalam satu hari? Kebanyakan orang fokus pada makan malam, atau makan siang. Padahal, makan paling penting setiap hari adalah makan pagi alias sarapan.

Pakar nutrisi, Sari Sunda Bulan, mengatakan sumber nutrisi sangat penting saat sarapan. Semisal, sumber protein di pagi hari. Nutrisi ini bisa mengenyangkan perut yang lebih tahan lama.

"Gampangnya makan sumber protein di pagi hari ya telur, tempe dan tahu, atau daging ikan yang ditumis," katanya.

Menurutnya, kebiasaan sarapan penting dilakukan agar mendapatkan sumber tenaga yang baik. Seperti, sumber tenaga bagi otak, sel darah dan saraf.

Untuk memilih menu sarapan, jelas pilihlah makanan sehat. Dalam piring makan, juga harus ada karbohidrat, dan serat. Sumber nutrisi itu agar membantu meningkatkan konsentrasi belajar anak.

Apalagi saat pagi hari jangan anti makan sumber karbohidrat. Sumber nutrisi ini sangat penting untuk memberikan nutrisi pada otak agar bisa konsentrasi beraktivitas.

"Pagi hari, manusia butuh sumber karbohidrat. Jadi bisa pilih makan nasi dengan ukuran sekepalan tangan, sereal dengan susu atau setangkap roti atau sandwich dengan isian telur, sayuran, salami juga bisa," imbuhnya

Selain itu, makanan karbohidrat penting dikonsumsi sebagai bahan bakar sebelum beraktivitas. Karena itu, sumber karbohidrat jangan diabaikan asalkan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Banyak sekali sumber karbohidrat yang aman dikonsumsi dan tidak mengganggu kadar insulin dalam tubuh. Anda bisa memiliki menu simpel di pagi hari, seperti sereal, roti gandum, nasi merah, dan beberapa jenis lainnya.

Berita ini telah tayang di republika.co.id, Kamis 2 November 2017 dengan judul Pakar Ingatkan Jangan Anti Karbohidrat Saat Sarapan

Komentar