Ini Bahaya Mengupil yang Perlu Diketahui

Ilustrasi. (Dok: Kompas)Ilustrasi. (Dok: Kompas)

TitikNOL - Kebanyakan orang membersihkan hidung dengan cara mengupil. Namun menurut dokter spesialis THT, S. Hendradewi, kebiasaan ini bisa merusak pembuluh darah di dalam hidung.

Pada anak-anak, jaringan hidung yang masih sangat tipis rentan sobek hingga timbul mimisan. Ditambah lagi jika Anda mengupil tanpa memikirkan kebersihan tangan.

"Bakteri dari tangan yang kotor masuk ke pembuluh darah dan menjadi infeksi," ucap dia dalam konferensi pers Sterimar lewat kampanye #cucihidungsetiaphari pada Kamis (26/4) di Jakarta.

Luka ini bisa menyebabkan abses septum atau berkumpulnya nanah di dinding pembatas (sekat) antara lubang hidung kanan dan kiri. "Kalau menembus ke batas hidung atas bisa menyebabkan saddle nose (terkikisnya tulang hidung). Jika terus dibiarkan bisa sampai menimbulkan radang otak," papar Hendradewi.

Lantas, bagaimana cara membersihkan hidung yang tepat? Hendradewi menjelaskan cuci hidung dengan larutan isotonik bisa menjadi solusi.

Larutan ini umumnya tersedia dalam bentuk semprot atau dikenal dengan juga nasal spray. "Tapi nasal spray itu ada dua, yang memang untuk terapi alergi isinya obat, atau yang memang untuk cuci hidung," tutup Hendradewi.








Berita ini telah tayang di aura.tabloidbintang.com, dengan judul: Bahaya dari Kebiasaan Mengupil, Seperti Ini Menurut Ahli

Komentar