Awas, Terlalu Sering Ngupil Bisa Berbahaya

Ilustrasi. (Dok: Suara)Ilustrasi. (Dok: Suara)

TitikNOL - Salah satu kebiasaan manusia adalah mengupil. Kebiasaan ini merupakan hal yang manusiawi, semua orang pasti melakukannya. Bahkan, ada beberapa orang yang sering kali mengupil, sekalipun ia sedang berada di tempat umum. Menjijikan memang, tapi tidak ada satu manusia yang tidak pernah mengupil.

Mengupil bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang menumpuk dalam hidung karena debu atau kotoran. Namun, ada beberapa orang yang terlalu sering mengupil hingga membuat hidung lecet dan perih. Melansir dari Readerdigest, Minggu (21/10/2018), menurut penelitian European Respiratory Journal, sering mengupil dapat menyebarkan bakteri penyebab pneumonia yang berbahaya.

Para ahli mengatakan bahwa terlalu sering mengupil dapat merusak kesehatan. Para peneliti dari Liverpool School of Tropical Medicine melakukan penelitian yang melibatkan 40 relawan dengan kondisi sehat. Peneliti ingin melihat bagaimana orang bisa mengidap penyakit pneumonia. Relawan tersebut dibagi menjadi empat kelompok dengan menggunakan penelitian dengan melibatkan tangan dan hidung. Penelitian baru menemukan bahwa bakteri penyebab pneumonia dapat menyebar dengan cara mengupil atau menggosokan hidung.

Penelitian pertama dari Science Daily menunjukkan penularannya dapat terjadi bukan hanya melalui pernapasan, tetapi juga melalui kontak antara hidung dan tangan setelah terkena bakteri. Victoria Connor seorang peneliti utama mengatakan infeksi pneumokokus adalah penyakit penyebab utama kematian di seluruh dunia. Rata-rata dari mereka yang terkena penyakit ini adalah anak-anak atau balita sekira 1,3 juta setiap tahunnya.

Menurut National Foundation for Infectious Diseases, infeksi ini dapat menyebabkan pneumonia, sepsis dan meningitis. Hasil dari penelitian-penelitan tersebut menekan bahwa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan baik. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah terhindar dai bakteri patogen dan berbagai penyakit lainnya.

“Jika Anda termasuk orang yang sering mengupil, jangan pernah untuk meremehkan risiko kesehatan yang mungkin Anda dapatkan karena terlalu sering mengupil,” kata Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, seorang dokter dan ahli kesehatan

Selain risiko penyakit pneumonia, dr Okeke-Igbokwe menambahkan sering mengupil dapat membuat hidung Anda mimisan dan terjadi infeksi. Dalam beberapa kasus, hal ini tersebut yang menyebabkan perforasi septum nasal atau vestibulitis hidung, yaitu kondisi berupa peradangan yang terjadi di sekitar lubang hidung bagian depan.

Berita ini telah tayang di okezone.com, dengan judul: Ini Bahayanya kalau Terlalu Sering Ngupil, Berakibat Fatal pada Balita

Komentar