Bahaya Kandungan Metanol pada Hand Sanitizer yang Harus Diketahui

Ilustrasi. (Dok: Smartmoney)
Ilustrasi. (Dok: Smartmoney)

TitikNOL - Salah satu cara untuk menghentikan penyebaran virus corona ialah rajin mencuci tangan. Bila tidak ada air, maka Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

Penggunaan hand sanitizer saat ini tampaknya menjadi pemandangan umum di tengah masyarakat. Masyarakat juga perlu mengetahui kandungan hand sanitizer, khususnya yang mengandung metanol.

Food Drugs Administration (FDA) AS mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan produk hand sanitizer yang beredar di pasaran. FDA mengatakan, saat ini ada hand sanitizer maupun cairan pencuci tangan lainnya yang mungkin mengandung metanol.

Metanol sendiri adalah zat beracun yang sangat berbahaya apabila terserap dan terpapar di permukaan kulit. Paparan metanol yang signifikan dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, penglihatan kabur, kebutaan permanen, kejang, koma, kerusakan saraf permanen dan kematian.

Sebagaimana dilansir USA Today, menurut studi oleh Pusat Nasional Informasi Bioteknologi, metanol berpotensi mematikan jika digunakan dalam dosis 30 hingga 240 mililiter.

Meski demikian FDA menyarankan konsumen untuk berhenti menggunakan hand sanitizer yang mengandung metanol dan segera membuangnya. Lebih lanjut FDA menyarankan masyarakat yang telah terpapar hand sanitizer mengandung metanol harus segera mencari perawatan medis.

FDA menemukan metanol dalam beberapa sampel merek pembersih tangan yang diproduksi oleh salah satu produsen bahan kimia yang berbasis di Meksiko. Agensi telah merekomendasikan perusahaan untuk menarik produk tersebut dari pasaran.

Berita ini telah tayang di lifestyle.okezone.com, dengan judul: Ketahui Bahaya Kandungan Metanol pada Hand Sanitizer

Komentar