Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Daun sirsak. (Dok:net)Daun sirsak. (Dok:net)

TitikNOL - Buah Sirsak, yang juga dikenal dengan nama graviola ini, memang merupakan tanaman asli Amerika Selatan, benua Afrika, tapi ada di Asia Tenggara juga termasuk Indonesia. Buah yang teksturnya lembut berbiji jarang dan dengan rasa asam manis ini diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungannya nutrisinya yang cukup beragam. Hanya saja tak hanya buahnya yang memiliki kandungan manfaat beragam, ternyata daunnya pun memiliki keunggulan yang sama.

Menurut banyak penelitian, ternyata daun sirsak merupakan salah satu jenis obat ampuh yang disediakan oleh alam, disebut juga obat herbal dengan kandungan beragam yang dapat mengatasi masalah dan meningkatkan kualitas kesehatan. Daun sirsak bisa menjadi obat dikarenakan sirsak memiliki kandungan acetoginin yang menghasilkan senyawa bulatacin, senyawa asimisin dan squamosin. Jadi ketiga senyawa yang dihasilkan oleh zat yang bernama acetoginin dalam daun sirsak ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa pada kesehatan kita, bahkan untuk melangsingkan tubuh. Apa saja sih? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini :

Mengobati Kanker

Menurut sebuah hasil penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The National Cancer Institute, telah ditemukan bahwa daun sirsak sangat efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Hebatnya lagi, nyatanya daun sirsak diketahui dapat menghambat sel kanker bahkan juga bisa menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang konvensional. Sebab ternyata daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang sepuluh ribu kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker.

Pengobatan Asam Urat

Dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak akan sangat membantu kita dalam mengatasi masalah asam urat. Bukti kemampuan untuk mengobati asam urat ini terbukti makin banyak obat untuk asam urat tradisional yang memilih bahan dasarnya dari daun sirsak. Maka saat kita memiliki keluhan asam urat, maka kita bisa mengambil 6 sampai sepuluh lembar daun sirsak yang sudah tua namun yang masih hijau dan kemudian cuci dengan bersih kemudian merebusnya dengan 2 gelas air  yang dididihkan hingga tersisa segelas saja. Lalu minumlah 2 kali sehari secara teratur, sampai akhirnya  kadar asam urat kita turun

 Mengobati Diabetes

Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Jadi selain itu, ternyata ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi yang alami bagi diabetes. Bisa juga untuk melangsingkan atau menurunkan berat badan apabila dkonsumsi dengan macam-macam paduan herbal yang tepat.

 

 

 

 

 

Sumber: www.cara-hidupsehat.com

Komentar