Minyak Oregano, Antibiotik Alami Tanpa Efek Samping

Ilustrasi. (Dok: Vemale)Ilustrasi. (Dok: Vemale)

TitikNOL - Anda bermasalah dengan antibiotik yang diresepkan dokter? Antibiotik yang diresepkan oleh sebagian besar dokter saat ini memiliki beberapa efek samping, yakni menyebabkan resistensi antibiotik, menghancurkan bakteri baik (probiotik), mengurangi penyerapan vitamin dan merusak lapisan pencernaan yang menyebabkan usus bocor.

Namun, sekarang Anda tak perlu khawatir. Ada alternatif alami yang luar biasa untuk resep antibiotik, yakni minyak oregano.

Manfaat minyak oregano ternyata terbukti lebih unggul dari beberapa antibiotik dan tanpa efek samping yang berbahaya. Minyak oregano mengandung dua senyawa yang kuat dari carvacrol dan thymol yang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur.

Carvacrol telah terbukti untuk mengurangi: infeksi bakteri, infeksi jamur, parasit, virus, peradangan, candida, alergi, dan tumor.

Akhir Desember 2016, Journal of Medicinal Food menerbitkan sebuah studi yang mengevaluasi aktivitas antibakteri minyak oregano terhadap 5 jenis bakteri jahat. Setelah mengevaluasi karakteristik anti-bakteri, minyak oregano itu menunjukkan sifat anti-bakteri yang signifikan terhadap semua 5 spesies bakteri berbahaya.

Menariknya, aktivitas tertinggi yang diamati terhadap E. Coli, yang menunjukkan bahwa minyak oregano harus secara rutin digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah keracunan makanan yang mematikan.

Dua tahun sebelumnya, para peneliti dari Pakistan menerbitkan hasil yang sama di jurnal Revista Brasileira de Farmacognosia, bahwa minyak oregano terbukti dapat membunuh sel-sel kanker dari berbagai jenis.

Sumber: www.tempo.co

Komentar