Suara Dengkuran Kucing Buat Tenang Orang yang di Sekitarnya

Ilustrasi. (Dok: attackofthecute)
Ilustrasi. (Dok: attackofthecute)

TitikNOL - Hewan peliharaan dapat memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara orang. Dari segi kesehatan, kucing relatif aman, mengingat kebiasaan mereka membersihkan bulu dengan lidah yang mengandung antibakteri.

Menurut dokter hewan Angela Maharani, kucing merupakan salah satu hewan terapi bagi manusia.

“Berdasarkan penelitian terbaru, kucing termasuk dalam kelompok hewan terapi. Sebab, ketika mendengkur, kucing mengeluarkan frekuensi suara sekitar 20–150 Hz. Suara ini mempunyai efek menenangkan,” ujarnya.

Suara dengkuran tersebut, menurut dia, mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menenangkan kucing itu sendiri dan manusia di sekitarnya. Kucing biasanya mengeluarkan hormon tersebut ketika dalam keadaan senang.

”Kucing biasanya merasa senang ketika dia dielus atau sedang menyusu. Efek hormon tersebut juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit sendi,” tutur Angela. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik manusia, Angela menambahkan, memelihara kucing baik untuk kesehatan mental manusia.

”Kalau kita memelihara kucing, kan, rasanya seperti punya anak sendiri. Rasanya senang dan lucu melihat kucing. Hal ini baik untuk kesehatan mental kita,” ucapnya.

Sumber: www.tempo.co

Komentar
Tag Terkait