Penampakan Ular Phtyon Mangsa Kucing Jenis British Shorthair

Ular Sanca sepanjang tiga meter saat tengah memangsa kucing di kandang milik warga di perumahan Ruby Recidence, Kecamatan Serang, Kota Serang, Minggu (1/3/2020). (Foto: TitikNOL)
Ular Sanca sepanjang tiga meter saat tengah memangsa kucing di kandang milik warga di perumahan Ruby Recidence, Kecamatan Serang, Kota Serang, Minggu (1/3/2020). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Temuan Ular Sanca sepanjang tiga meter saat tengah memangsa kucing di kandang milik warga di perumahan Ruby Recidence, Kecamatan Serang, Kota Serang, Minggu (1/3/2020), gegerkan warga sekitar.

Ular yang masuk jenis Phtyonidae ini, ditemukan Agus Setiawan, pemilik rumah, saat dirinya hendak memeriksa kulkas di dapur.

"Saya pagi saat mau cek kulkas di sampingnya kan kandang kucing, pas melihat samping kok ada ular di dalam," kata Agus.

Ia pun belum sadar jika ular di dalam kandang sudah memangsa kucing peliharannya karena belum mengetahui asal usul ular tersebut.

"Pas saya lihat kandang belum sadar, saya pikir istri melihara ular, saya tanya engga katanya, langsung saya cek kucing," ungkapnya.

Menyadari ular tersebut bukan peliharaan, Agus pun langsung memeriksa kucing peliharaannya dan ternyata sudah dimangsa ular.

"Saya cek kan ada empat kucing saya dua jenis Anggora dua jenis British kok engga ada, pas dilihat bagian perut ular sudah membesar makan kucing dugaannya," lanjutnya.

Ia pun mencoba menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Serang, namun dihari libur. Akhirnya memutuskan untuk meminta bantuan komunitas pecinta ular.

"Telepon BKSDA engga ada yang angkat hari libur kayaknya, saya minta anak anak pecinta ular untuk mengevakuasi," katanya.

Dugaan sementara, ular diduga berasal dari aliran sungai Cibanten, tepat di belakang rumah yang mencari makan masuk ke pemukiman perumahan.

"Dari kali Ci Banten, belakang rumah kan banyak bambu kayanya masuk cari makan. Ular kami serahkan ke pecinta ular," tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar