Rambut Rusak Akibat Panas, Atasi dengan Cara Ini

Ilustrasi. (Dok: ksehatan)
Ilustrasi. (Dok: ksehatan)

TitikNOL - Sering aktivitas di luar, kadang rambut terasa kering akibat terlalu banyak terpapar sinar matahari yang menyengat, keringat berlebih, debu dan kotoran. Ternyata benar saja, panasnya sinar matahari lewat radiasi UV dapat merusak rambut dan menyebabkan perubahan warna.

Selain itu, keringat berlebih juga tidak baik pada rambut karena dapat membuat rambut terasa lengket akibat debu dan polusi yang ada di udara. Kalau sudah begitu? Bagaimana perawatan terbaik bagi rambut karena selalu terkena sengatan matahari? Di sini ada solusinya.

Pertama, cuci rambut sesering mungkin. Kelembaban, panas, debu dan keringat yang dihasilkan membuat rambut dan kulit kepala rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur, terutama jika kamu menghabiskan banyak waktu di luar rumah.

Jadi, sebaiknya cuci rambut cukup sering agar tidak rusak dan gunakan sampo yang ideal sesuai kebutuhan. Tapi, penggunaan sampo berlebihan juga bisa menguras kelembaban kulit kepala. Makanya, pilih sampo yang dapat melembabkan atau gunakan hair conditioner yang akan membuat rambut tetap terhidrasi meski dibersihkan berkali-kali.

Kedua, jangan lupa gunakan minyak rambut karena sering keramas kadang dapat menghabiskan kelembapan pada kulit kepala. Gunakan minyak dalam jumlah sedang karena berlebihan dalam mengaplikasi minyak nantinya akan membutuhkan jumlah sampo yang banyak pula untuk membersihkannya. Jika sudah begitu, bisa-bisa kamu mengalami trauma dan malah rusak.

Ketiga, sebisa mungkin tutup rambut dari paparan sinar matahari langsung. Paparan langsung pada sinar matahari dan radiasi UV ternyata cukup berbahaya dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Selalu pakai topi atau syal, yang dapat menutupi rambut saat kamu beraktivitas di luar ruangan. Mulailah menggunakan produk perawatan rambut seperti conditioner dengan tabir surya karena rambut akan mendapatkan perlindungan.

Keempat, sebaiknya hindari penggunaan alat-alat seperti blow drying dan alat pelurus rambut. Sifatnya yang panas dapat merusak folikel pada rambut dalam penggunaannya.

Bahkan, blow drying juga bisa menyebabkan pori-pori kulit kepala terbuka dan bisa menyebabkan kotoran dan polusi masuk sehingga dapat melemahkan akar rambut.

Selanjutnya, jika matahari sedang terik, berenang pasti menjadi sesuatu yang asyik. Nah, jangan lupa oleskan kondisoner pada rambut sebelum berendam untuk melindungi rambut dari bahan kimia seperti klorin. Kamu juga sebaiknya segera memangkas bagian rambut bercabang yang telah terbelah dan rusak.

Berita ini telah tayang di Suara.com, Minggu 30 April 2017 dengan judul Tips Cegah Kerusakan Rambut karena Panas

Komentar