Terbangun Tengah Malam, Lakukan 4 Hal Ini Agar Kembali Tidur Nyenyak

Ilustrasi. (Dok: Dariknews)Ilustrasi. (Dok: Dariknews)

TitikNOL - Bukan hanya insomnia, terbangun dari tidur di tengah malam juga mengganggu proses di dalam tubuh untuk beristirahat. Hal ini tentu sangat menjengkelkan.

Terbangun di tengah malam bisa menjadi konsekuensi dari beberapa alasan. Di antaranya karena mimpi buruk, suhu terlalu dingin, atau terlalu panas.

Sayangnya, setelah terbangun, sangat sulit untuk kembali tidur lagi. Beberapa orang mungkin mengganti posisi tidur mereka, yang lain memilih tetap bangun dan mengerjakan hal lain.

Namun, kurang tidur juga menimbulkan dampak buruk. Mudah marah, masalah ingatan, mengantuk, hingga hubungan sosial dan pekerjaan bisa dialami orang dengan gangguan tidur.

Dilansir dari Step to Health, Selasa (27/3/2018), Anda harus waspada jika terbangun di tengah malam hingga tiga kali dalam seminggu. Hal itu bisa jadi pertanda stres atau kecemasan, hingga masalah kesehatan.

Jika Anda terbangun di tengah malam, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Lakukan Aktivitas Santai

Cobalah tinggalkan kamar dan lakukan aktivitas santai selama 20-30 menit. Beberapa aktivitas seperti yoga, meditasi, atau membaca, bisa membantu Anda untuk kembali tidur.

Aktivitas yang harus dilakukan juga tidak boleh meningkatkan sistem saraf. Sehingga, konsumsi kopi, alkohol, atau tembakau sebaiknya jangan dilakukan untuk mengisi waktu.

2. Memainkan Gawai

Jika ingin menggunakan ponsel atau tablet, kurangi sinar di layar untuk menghindari cahaya putih, hijau, atau biru yang menghambat produksi melatonin. Hormon ini merupakan hormon yang membantu seseorang untuk tidur.

3. Menonton Televisi

Pilihlah program yang tepat untuk membantu Anda kembali tertidur. Lebih baik hindari acara yang penuh aksi, berita kekerasan, atau gambar dengan warna dan lampu yang mencolok.

4. Terbangun Lagi?

Jika Anda terbangun kembali, lakukan hal yang sama dengan yang sudah dilakukan sebelumnya. Namun, jika hal itu terjadi satu atau dua jam sebelum waktu bangun sehari-hari, biarkan diri Anda melek dan memulai hari lebih awal.

Bangun lebih awal juga bisa membuat Anda menyiapkan sarapan, atau mengerjakan tugas-tugas di pagi hari seperti mencuci dan beres-beres rumah.

Berita ini telah tayang di liputan6.com, dengan judul: 4 Rahasia Kembali Tidur Nyenyak Setelah Terbangun Tengah Malam

Komentar