Tips untuk Menghindari Iritasi Kulit saat Pakai Masker

Ilustrasi. (Dok: Tokopedia)
Ilustrasi. (Dok: Tokopedia)

TitikNOL - Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya lifestyle.

Gaya hidup berubah dengan adanya keharusan mengenakan masker saat bepergian keluar rumah. Tetapi nyatanya, penggunaan masker yang berlebihan bisa menyebabkaan kerusakan atau masalah pada kulit seperti ruam kulit sampai menimbulkan jerawat dan bisa membuat semakin parah. Hal ini diakibatkan tertutupnya kulit sehingga tidak ada ruang untuk kulit bernapas.

Cara menghindari iritasi atau masalah pada kulit saat menggunakan masker pun tidak bisa sembarangan. Harus diperhatikan apa yang dioleskan pada wajah sebelum menggunakan masker.

Berikut Okezone berikan tips yang bisa Okezoners lakukan untuk menghindari iritasi dan kerusakan pada kulit saat pakai masker Seperti dilansir dari Health Site.

1. Melembabkan kulit

Sebelum menggunakan pelembab, pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih dengan cara mencucinya. Jenis krimnya pun harus diperhatikan, jika kulit Anda berjenis kering, krim yang lebih kental lebih disarankan penggunaannya. Selain itu hindari pemakaian salep saat akan menggunakan masker.

2. Menggunakan sunscreen

Sunscreen sebenarnya merupakan salah satu yang seharusnya digunakan sebelum bepergian keluar ruangan. Tetapi, saat akan mengenakan masker, sebaiknya gunakan sunscreen yang memiliki bahan dasar mineral yang di dalamya terkandung titanium-dioksida atau seng-oksida.

3. Tidak memakai masker terlalu ketat

Penggunaan masker ini diharuskan karena virus Corona ini bisa menular dengan tanpa disadari. Sehingga sangat dianjurkan untuk menutupi bagian hidung dan mulut dengan benar. Tetapi perlu diingat bahwa penggunaan maskernya tidak boleh terlalu ketat karena akan menyebabkan memar pada wajah.

4. Hindari pemakaian riasan wajah

Riasan wajah sebenarnya sangat diperlukan apalagi jika akan bepergian ke acara penting, selain akan membuat seseorang terlihat lebih segar, riasan wajah juga bisa membantu memberikan penampilan yang lebih rapi dan cantik. Tetapi saat ini pemakaian riasan wajah harus dihindari atau setidaknya dikurangi saat akan mengenakan masker. Hal ini disebabkan akan membuat kulit menjadi pecah karena sirkulasi udara yang minim dan bisa memicu reaksi kandungan kimia dari riasan pada kulit.

5. Gunakan selotip kertas

Tips satu ini sepertinya saat dibutuhkan oleh Okezoners yang menggunakan kacamata dalam setiap kegiatannya. Biasanya saat mengenakan masker, uap dari napas yang dihembuskan akan membuat kacamata jadi berembun. Menggunakan selotip kertas, nampaknya masalah tersebut bisa diatasi, dengan menempelkan masker menggunakan selotip kertas pada bagian hidung dan pipi. Tenang saja, bahan selotip kertas tidak akan merusak kulit wajah.

6. Oleskan petroleum jelly setelah penggunaan masker

Masker bisa saja membuat penggunanya mengalami masalah kulit seperti terkelupas. Masalah ini bisa diatasi dengan pengolesan petroleum jelly pada area wajah yang terkelupas. Selain petroleum jelly, masker yang dibuat dari lidah buaya juga bisa menjadi pilihan karena memiliki kandungan anti-inflamasi yang membuat kulit menjadi lebih nyaman.

7. Beralih ke masker kain

Okezoners pasti sering merasakan sakit pada bagian telinga saat mengenakan masker, kan? Hal ini dikarenakan karet yang tergantung pada daun telinga. Jika terlalu lama digunakan, kulit bisa iritasi atau menyebabkan luka bakar. Maka dari itu, disarankan pula penggunaan masker kain yang memiliki loop telinga berbahan dasar kain yang tidak akan menimbulkan rasa sakit. Selain itu, poin penting lainnya bahwa dengan menggunakan masker kain pun akan mengurangi sampah medis berupa masker sekali pakai.

Berita ini telah tayang di lifestyle.okezone.com, dengan judul: 7 Tips untuk Menghindari Iritasi Kulit saat Pakai Masker

Komentar