Ini 10 Nominasi Pemain Terbaik Eropa Tahun 2017

Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa tahun 2017. (Dok: uefa)
Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa tahun 2017. (Dok: uefa)

TitikNOL - Federasi sepakbola Eropa, UEFA baru saja resmi mengumumkan 10 nama yang akan bersaing meraih UEFA Men´s Player of the Year atau Pemain Terbaik Eropa tahun 2017.

Dari 10 nominasi, Real Madrid menyumbang pemain paling banyak dengan empat nama, disusul finalis Liga Champions musim lalu Juventus dengan dua nama, sedangkan Barcelona, Bayern Munchen, AS Monaco dan Manchester United masing-masing hanya menyumbang satu nama.

Namun, daftar tersebut telah dikerucutkan lagi menjadi tiga besar untuk bersaing meraih gelar pemain terbaik Eropa tahun ini karena mendapat penilaian palinggi tinggi dari para juri.

"Tiga kandidat pemain sudah dipilih oleh juri yang terdiri dari 80 pelatih klub yang berpartisipasi di penyisihan grup Liga Champions dan Liga Europa 2016-17, bersama 55 jurnalis yang dipilih Media Olahraga Eropa (ESM), mewakili masing-masing anggota UEFA," demikian bunyi rilis resmi situs UEFA.

Ketiga pemain tersebut masing-masing Gianluigi Buffon (Italia, Juventus), Lionel Messi (Argentina, Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Portugal, Real Madrid).

Penilaian penghargaan ini sendiri berdasarkan penampilan sang pemain di semua kompetisi domestik, kontinental dan internasional. Hasil akhirnya didasarkan pada jumlah suara yang diberikan oleh pelatih dan wartawan. Pelatih tidak diizinkan untuk memilih pemain dari tim mereka sendiri.

Tahun lalu, penghargaan ini berhasil dimenangkan oleh Ronaldo. Mengingat Ronaldo tampil gemilang sepanjang musim lalu, bukan tak mungkin dirinya akan mempertahankan gelar individu ini, seperti dirinya yang sukses mempertahankan gelar Liga Champions untuk Real Madrid dua musim berturut-turut.

Untuk soal prestasi bersama tim, Ronaldo unggul dari Messi dan Buffon. Ia sukses membawa Real Madrid menjuarai La Liga Spanyol dan Liga Champions musim lalu, ditambah Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Sedangkan Messi hanya meraih gelar Copa del Rey dan menjadi top scorer La Liga. Buffon sukses membawa Juventus meraih gelar Serie A dan Coppa Italia dalam tiga musim beruntun.

Penghargaan ini sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2011 oleh EUFA dengan nama Best Player in Europe Award sebelum akhirnya berganti nama menjadi UEFA Men´s Player of the Year.

Messi dan Ronaldo keduanya telah memenangkan penghargaan tersebut sebanyak dua kali. Messi pada musim di 2010/11 dan 2014/15, sedang Ronaldo pada 2013/14 dan musim 2015/2016. Pemain lain yang telah memenangkan penghargaan tersebut adalah Andres Iniesta (Barcelona) pada 2011/12 dan Franck Ribery (Bayern Munchen) pada 2012/13.

UEFA akan mengumumkan pemenang penghargaan ini pada 24 Agustus 2017 di Monaco, bersamaan dengan drawing penyisihan grup Liga Champions dan Liga Europa 2017/18.

Berikut 10 Nominasi Pemain Terbaik Eropa:

1. Lionel Messi (Barcelona)
2. Ronaldo (Real Madrid)
3. Gianluigi Buffon (Juventus)
4. Luka Modric (Real Madrid)
5. Toni Kroos (Real Madrid
6. Sergio Ramos (Real Madrid)
7. Paulo Dybala (Juventus)
8. Robert Lewandowski (Bayern Muenchen)
9. Kylian Mbappe (AS Monaco)
10. Zlatan Ibrahimovic (Manchester United)

Berita ini telah tayang di indosport.com, Rabu 16 Agustus 2017 dengan judul Inilah 10 Nominasi Peraih Pemain Terbaik Eropa 2017

Komentar