Pemilihan Ban yang Tepat Membuat Rossi Raih Podium

Valentino Rossi saat berada di posisi ke-12 didepan Dani Pedrosa. (Dok: Liputan6)Valentino Rossi saat berada di posisi ke-12 didepan Dani Pedrosa. (Dok: Liputan6)

TitikNOL - Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, memang tak menang pada lomba MotoGP Brno, Ceska, Minggu (21/8/2016). Ia hanya finis di urutan kedua karena kalah dari pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow.

Meski gagal menang, perjuangan Rossi untuk meraih posisi runner up patut diacungi jempol lantaran diraih dengan kerja keras. Pebalap berusia 37 tahun itu sempat tercecer hingga urutan ke-12 di awal lomba.

"Saya tidak cuma khawatir. Saya putus asa. Saya berkata pada diri sendiri: saya melakukan kesalahan lagi hari ini," kata Rossi seperti dikutip Motorsport.

Rossi memilih untuk memakai ban belakang dengan kompon keras. Sementara sebagian besar lawannya memakai ban soft. Hal itu yang membuat ia kesulitan menemukan cengkraman ban di awal lomba.

"Saat melihat saya berada di posisi 12, setelah semua menyusul lewat sisi luar, saya cuma bisa berkata: oh tidak," lanjutnya sambil tertawa.

Rossi merasa setelan motornya sudah tepat. Namun kondisi trek yang basah membuat The Doctor berada dalam situasi yang sulit. Setelah separuh lomba berjalan dan sebagian trek sudah mengering, pilihan Rossi soal ban terbukti tepat.

"Memalukan karena saya menemukan setelan mesin yang pas, tapi tidak menemukan cengkraman ban belakang. Namun pada akhirnya pilihan itu benar, karena pebalap Yamaha seperti Pol dan Smith, dengan pilihan ban soft, tercecer di belakang," kata Rossi lagi.

Pol Espargaro dan Bradley Smith yang dimaksud Rossi akhirnya hanya finis ke 13 dan gagal finis di akhir lomba.

"Setelah saya bisa kembali, saya menyusul semuanya. Saya senang bisa kembali ke podium setelah melakukan banyak kesalahan dan mengalami nasib buruk," kata Rossi.

Selisih poin Rossi (144) dengan Marc Marquez (197) tetap jauh karena Marquez finis ketiga. Poin mereka kini masih terpaut 53 poin. Namun Rossi menyusul Lorenzo (138) yang hanya finis di posisi 17. Kini Rossi unggul enam poin dari rekan setimnya itu.

"Sulit mengejar Marquez. Terlalu banyak kesalahan dan selisih poin terlalu besar. Tapi dengan Lorenzo, sangat penting untuk bertarung memperebutkan posisi dua," ujar Valentino Rossi.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.bola.com

TAG motogp
Komentar