Real Madrid Juara Super Eropa Usai Tundukan Manchester United

Selebrasi para pemain Real Madrid. (Dok: mirror)
Selebrasi para pemain Real Madrid. (Dok: mirror)

TitikNOL - Real Madrid berhasil mencatatkan back-to-back dengan menjadi juara Piala Super Eropa sebanyak dua kali secara beruntun. Pada tahun lalu, mereka berhasil hempaskan klub sesama Spanyol, Sevilla dengan skor 3-2, kini mereka kembali berhasil menjadi juara dengan hempaskan klub asal Liga Primer Inggris, Man United.

Klub Ibu Kota Spanyol itu berhasil kalahkan Man United dengan skor 2-1 melalui gol dari Casemiro dan Isco, sementara gol balasan dari Man United diciptakan oleh Romelu Lukaku.

Sejak menit awal, kedua tim langsung mencoba untuk memperagakan permainan yang cepat. Saat laga baru memasuki menit ketiga, striker Madrid, Gareth Bale mampu melepaskan ancaman, sayangnya usahanya masih melebar.

Beberapa kali, El Real mampu menciptakan melalui gelandang berbakat mereka, Casemiro. Sayangnya, usaha pemain asal Brasil ini masih tak membuahkan hasil.

Man United sendiri bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-16, melalui serangan balik, Man United mulai menyerang melalui Paul Pogba yang diikuti oleh Romelu Lukaku dan Henrik Mkhitaryan.

Sayangnya, pemain termahal di dunia ini lebih memilih untuk melepaskan spekulasi daripada memberikan kepada Lukaku yang telah berada dalam posisi tak terjaga. Bola hasil tendangan Pogba pun hanya membentur badan dari Sergio Ramos dan diamankan oleh kiper Madrid, Keylor Navas.

Serangan kembali dibangun bertubi-tubi oleh Real Madrid, kali ini usaha klub Ibu Kota Spanyol itu membuahkan hasil.

Adalah Casemiro yang berhasil lolos dari perangkap offiside dan memanfaatkan umpan dari Dani Carvajal, bola hasil tendangannya pun tak dapat dibendung oleh kiper Man United, David De Gea. Skor 1-0 untuk keunggulan Real Madrid.

Tertinggal 0-1 tak membuat The Red Devils menyerah, mereka langsung berinisiatif untuk menciptakan gol balasan melalui serangan cepat. Sayangnya, usaha tim besutan Jose Mourinho ini tak membuahkan hasil karena solidnya lini pertahanan dari Los Blancos.

Pertandingan sempat berjalan dengan seimbang, namun karena panasnya cuaca di Makedonia, membuat laga sempat dihentikan sejenak untuk water break, agar para pemain dapat mendinginkan suhu tubuh mereka dengan minum air.

Usai mendapat sedikit penyegaran, skuat Man United pun mulai tampil lebih atraktif, sementara Madrid mencoba untuk menurunkan tempo permainan, namun tetap fokus dan sesekali melepaskan ancaman.

Hingga akhirnya, wasit dari Italia, Gianluca Rocchi meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama skor tetap 1-0 untuk keunggulan Real Madrid atas Man United.

Usai turun minum, Madrid langsung menebarkan ancaman untuk memperlebar keunggulan mereka. Peluang didapatkan melalui Toni Kroos, namun sayangnya usaha dari pemain Jerman ini masih dapat diantisipasi oleh De Gea.

Usaha Los Blancos kembali membuahkan hasil. Kali ini, Isco yang mencantumkan namanya di papan skor usai melakukan umpan one-two dengan Gareth Bale di menit ke-51. Skor 2-0 untuk Madrid.

Tertinggal 0-2 masih tak membuat para pemain Man United menyerah. Usaha mereka untuk mempertipis kedudukan pun berhasil.

Berawal dari bola mentahan hasil tendangan Nemanja Matic, Romelu Lukaku yang telah siap pun berhasil melepaskan tendangan rebound yang membuat kedudukan menjadi 2-1.

Gol dari Lukaku ini membuat Man United mulai bersemangat, sementara Madrid masih berusaha tetap tenang sambil memberikan beberapa ancaman.

Los Blancos baru memasukkan Cristiano Ronaldo di menit ke-82 dengan menggantikan Karim Benzema. Hadirnya Ronaldo sedikit memberikan warna bagi permainan menyerang Madrid, sementara Man United masih belum menyerah untuk mengejar ketertinggalan.

Perpanjangan waktu yang diberikan oleh panitia pertandingan sebanyak 7 menit. Hal ini dikarenakan pemain pengganti Man United, Marouane Fellaini sempat mendapat perawatan.

Meski demikian, tidak ada gol tambahan yang terjadi. Skor 2-1 tetap menjadi milik Real Madrid atas Man United dan mereka berhasil merebut gelar perdana di musim 2017/18, Piala Super Eropa.

Susunan pemain

Real Madrid (4-3-3) : Keylor Navas; Daniel Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos (c), Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Gareth Bale (Marco Asensio 73’), Karim Benzema (Cristiano Ronaldo 82’), Isco (Lucas Vazquez 73’).

Man United (4-3-3) : David De Gea; Matteo Darmian, Chris Smalling, Victor Lindelof, Antonio Valencia (c); Paul Pogba, Nemanja Matic, Ander Herrera (Marouane Fellaini 56’); Henrikh Mkhitaryan, Jesse Lingard (Marcus Rashford 46’), Romelu Lukaku.

Berita ini telah tayang di Indosports.com, Rabu 9 Agustus 2017 dengan judul Real Madrid 2-1 Man United: Los Blancos Juara Super Eropa

Komentar