Hadapi Arus Mudik, Pemprov Fokus Pengamanan di Merak

Foto ilustrasi. (Dok: Covesia)Foto ilustrasi. (Dok: Covesia)

SERANG, TitikNOL - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta setiap Pemerintah Provinsi (Pemprov), untuk memprioritaskan jalur arus mudik dan arus balik, pada H-12 sampai H+12.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Dishubkominfo Banten Herdi Djauhari. Ia mengungkapkan, Pemprov sudah diminta menyesuaikan dengan ketetapan pemerintah pusat dalam menyiapkan jalur mudik dan arus balik, terutama memprioritaskan Pelabuhan Merak.

"Kalau dulu pelaksanaan jalur mudik H-7 sampai H+7. Tapi kali ini berubah. Sekarang pemerintah pusat meminta agar dilakukan pada H-12 sampai H+12  untuk segera dilakukan persiapan," kata Herdi, kepada wartawan, saat ditemui di inspektorat Banten, Curug, KP3B, Kota Serang, Rabu (8/6/2016).

Ia juga menjelaskan, Dishubkominfo akan memprioritaskan di pelabuhan Merak karena diprediksi akan meningkat pada arus mudik tahun ini.

“Prioritasnya memang di Pelabuhan Merak sesuai arahanya, karena antrian panjang pasti terjadi. Kendaraan roda empat dan dua tahun ini pasti meningkat," jelasnya.

Meski demikian, Dishubkominfo Banten tidak akan mengkesampingkan di titik jalur darat untuk para pengendara roda dua dan empat dijalur Tangerang-Serang-Merak.

“Tetap semuanya juga akan kita fokuskan. Makanya, kita akan menyiapkan posko di beberapa titik, seperti di Gerem dan disetiap jembatan timbang untuk para pengendara motor,” ungkapnya. (Meghat/red)

TAG mudik
Komentar