KPK Diminta Awasi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

KPK Diminta Awasi Proyek Kereta Cepat Jakarta-BandungKPK Diminta Awasi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

JAKARTA, TitikNOL - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk mengawasi proyek-proyek besar pemerintahan seperti pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung yang bekerja sama dengan Tiongkok.

Hal itu diutarakan oleh Anggota Komisi III DPR, Tjatur Septo Edy saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan KPK hari Rabu (27/1). "Dengan kepemimpinan yang baru ini, kami minta KPK untuk memberikan pengawasan yang ketat atas sejumlah proyek-proyek besar di pemerintah, kaya kereta api cepat," ujar Tjatur di Gedung DPR, Jakarta.

Menurut politisi PAN itu, tugas pengawasan yang dilakukan oleh KPK merupakan bentuk pencegahan tindak pidana korupsi. Lanjutnya, paradigma bahwa KPK dikatakan sukses harus menangkap sebanyak-banyaknya orang korupsi. Tapi, KPK bisa menurunkan angka tindak pidana korupsi.

"Karena pengawasan ini juga bagian dari upaya tugas KPK dalam hal pencegahan, menurut saya, keberhasilan KPK tidak diukur dari banyaknya orang masuk penjara. Tapi bagaimana angka korupsi itu semakin sedikit," jelasnya. (Bar/Red)

Komentar